Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Mentan Janjikan Bantuan Bibit Sapi

Lingga Kekurangan Tenaga Ahli dan Dokter Hewan
Oleh : Nurjali
Sabtu | 10-09-2016 | 16:50 WIB
kadishutlinggaismail.jpg Honda-Batam

Kadistanhut Lingga Rusli Ismail. (Foto: Nurjali)

BATAMTODAY.COM, Dabosingkep - Kepala Dinas Kehutanan dan Peternakan (Kadistanhut) Kabupaten Lingga mengatakan, Kabupaten Lingga masih kekurangan tenaga ahli peternakan, khususnya untuk melakukan inseminasi buatan (IB). Namun hal ini, kata Rusli, segera ditangani.

"Mentan siap memberikan bibit sapi berapa ribu yang kita butuhkan, tapi kita masih terkendala tenaga ahli di bidang ini, dan ini sedang kita usahakan," kata Rusli Kepala Dinas Kehutanan dan peternakan kabupaten Lingga, Sabtu (10/9/16).

Selain kendala tenaga ahli, bantuan bibit sapi yang dijanjikan oleh Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman saat kunjungannya ke Kabupaten Lingga merupakan sapi Australia dan Kabil.

"Yang kita punya saat ini bibit sapi Bali, sementara bibit yang ditawarkan itu sapi Australi dan Kabil, ini kurang cocok," ujarnya.

Meski begitu, saat ini Pemerintah Kabupaten Lingga akan melakukan berbagai upaya guna pengembangan sapi. Dan tahun ini, Distanhut Lingga sudah menyiapkan bibit sapi Bali dan nantinya akan coba dilakukan penyuntikan.

Jika memungkinkan pada tahun ini inseminasi tersebut berhasil, maka tahun depan akan diupayakan bibit unggul tersebut.

Dengan adanya bantuan tersebut tentunya Pemerintah Kabupaten Lingga sangat mengapresiasi, karna misi bupati lingga dengan konsep Agrominapolitan tersebut sangat sesuai dengan bantuan yang di tawarkan oleh Menteri Pertanian ini.

"Target kita tahun depan sudah bisa melakukan bibit unggul ini," ujarnya.

Salah satu kebutuhan yang sangat dibutuhkan saat ini adalah tenaga ahli khususnya dokter hewan. "Selain itu kita juga butuh pelatihan-pelatihan untuk tenaga ahli," sebutnya.

Editor: Dardani