Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Ini Dia 5 Negara Asal Dana Tax Amnesty
Oleh : Redaksi
Jum'at | 09-09-2016 | 13:50 WIB
Singapura.gif Honda-Batam

Suasana Merlion Park yang selalu ramai di Singapura (Sumber foto: Kompas.com)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Dana deklarasi luar negeri dan dana repatriasi amnesti pajak terus meningkat memasuki September ini.

Berdasarkan data Direktorat Jenderal Pajak (DJP), dana-dana tersebut berasal dari sejumlah negara yang menjadi favorit WNI memarkir hartanya.

Rendahnya tarif pajak dan kenyamanan menyimpan harta membuat suatu negara dipilih sebagai tempat favorit menyimpan dana.

"Dari mana dananya? Singapura masih mendominasi," ujar Direktur Jenderal Pajak Ken Dwijugiasteadi di Kantor Kementerian Keuangan, Jakarta, Selasa (6/9/2016).

Berikut daftar 5 negara asal dana tax amnesty:

1. Singapura

Singapura sudah dikenal sebagai negeri favorit para WNI memarkir hartanya di luar negeri. Hingga saat ini, dana yang berasal dari Negeri Singa itu mencapai Rp36,7 triliun, terdiri dari dana repatriasi Rp6,3 triliun dan deklarasi luar negeri Rp30,4 triliun.

2. Australia

Negeri Kanguru menempati urutan kedua dengan total dana deklarasi mencapai Rp2,5 triliun. Rinciannya, Rp124,7 miliar dana repatriasi dan Rp2,4 triliun dana deklarasi luar negeri.

3. Swiss

Posisi ketiga ditempati negara yang sangat ketat dalam hal kerahasiaan perbankan, yakni Swiss. Tercatat dana amnesti pajak yang sudah dideklarasikan Rp1,3 triliun yang terdiri dari dana repatriasi Rp667 miliar dan deklarasi luar negeri Rp660 miliar.

4. Amerika Serikat

Negeri Paman Sam menempati posisi keempat dengan total dana Rp1 triliun. Rinciannya, Rp86 miliar dana repatriasi dan Rp914 miliar dana deklarasi luar negeri.

5. British Virgin Island (BVI)

Posisi kelima ditempati oleh suatu wilayah luar negeri Britania Raya yang berada di kawasan Karibia, sebelah timur Jamaika. Total dana amnesti pajak yang berasal dari BVI yakni Rp959 miliar, terdiri dari Rp32,6 miliar repatriasi dan Rp927 miliar dana deklarasi.

Sumber: Kompas.com
Editor: Udin