Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Dua Tug Boat Dicuri di Pulau Janda Berhias
Oleh : Hendra Zaimi/Dodo
Jum'at | 16-09-2011 | 18:19 WIB
tug.gif Honda-Batam

PKP Developer

Ilustrasi tug boat.

BATAM, batamtoday - Dua kapal tug boat Pasacop 9 dan Glory 3 nyaris dicuri orang tak dikenal (OTK), Jumat, 9 September 2011 dari PT Diamond Marine Indah di Pulau Janda Berhias saat pemiliknya mudik Lebaran belum lama ini. Aksi tersebut dapat digagalkan Satuan Polisi Air (Satpolair) Polresta Barelang, hingga akhirnya berhasil diamankan yang jaraknya tidak jauh dari lokasi.

Kedua kapal itu sudah diamankan di lokasi yang jaraknya tidak jauh dari lokasi kapal semula berlabuh sekitar 500 meter, tepatnya di perairan seberang PT Masa Batam yang berlokasi di daerah Sekupang. Saat ini petugas terus memeriksa kapten dan anak buah kapal (ABK) untuk proses penyidikan.

"Kapalnya telah kita amankan, jaraknya tak jauh daru lokasi semula tug boat tersebut bersandar," kata Kompol Teguh Wibowo SIK, Kasat Polair Polresta Barelang, Jumat (16/9/2011).

Pada saat dilakukan proses pemeriksaan dokumen, kapten yang menahkodai tug boat tersebut memiliki dokumen olah gerak yang lengkap, termasyuk izin dari pihak yang berkewenangan Syahbandar. Sehingga laporan masuh terus dipelajari sebab ada izin menggerakan kapal pada saat itu.

"Ada dokumen olah gerak dari Syahbandar, tapi pelapor juga memiliki dokumen kapal tersebut. Makanya modusnya sedang dipelajari," terangnya.  

Guna proses penyidikan kasus tersebut sedang dalam intens pemeriksaan pihak Satpolair Polresta Barelang. Dalam waktu yang tidak lama lagi, pihak-pihak terkait yang berkepentingan dengan tug boat tersebut akan dipanggil, baik dari pihak pelapor maupun terlapor.

"Kedua belah pihak akan kita panggil dan mintai keterangan untuk kebenaran kasus ini," pungkas Teguh.