Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Paralimpiade Rio Dibuka di Stadion Maracana
Oleh : Redaksi
Kamis | 08-09-2016 | 09:14 WIB
praoliampiade1.jpg Honda-Batam

Pementasan pembukaan Paralimpiade Rio melibatkan 500 penata tari dan penari serta 2.000 sukarelawan.

BATAMTODAY.COM, Rio de Janeiro - Paralimpiade 2016 di Rio de Janeiro, Brasil, sudah dibuka dengan upacara di Stadion Maracana dan akan berakhir pada 18 September mendatang.

Upacara pembukaan diwarnai dengan pertunjukan yang semarak, yang disaksikan langsung oleh jutaan orang di seluruh dunia.

Parade pembukaan diikuti oleh sekitar 4.300 atlet dari 159 negara, namun tanpa diwakili oleh atlet Rusia yang dilarang berpartisipasi terkait skandal doping.

Persiapan Paralimpiade Rio sempat diwarnai beberapa masalah, antara lain krisis pendanaan dan penjualan tiket yang lambat.

Bagaimanapun 78.000 kursi di Stadion Maracana tampak penuh pada hari yang bersamaan dengan Kemerdekaan Brasil, 7 September, setelah penjualan tiket yang dilaporkan sempat lesu.

Seluruh rangkaian acara pembukaan berlangsung sekitar tiga jam dengan pementasan yang melibatkan 500 penata tari dan penari serta 2.000 sukarelawan.

Sementara itu Moskow menggelar "Paralimpiade tandingan" -yang dibuka lebih awal dibanding Paralimpiade Rio- dengan mempertandingkan 18 cabang olahraga.

Langkah itu ditempuh Rusia sebagai tanggapan atas larangan semua atletnya untuk bertanding di Rio karena skandal doping.

Sumber: BBC Indonesia
Editor: Dardani