PKP
Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Penggunaan Knalpot Modifikasi Ganggu Ketenangan Warga
Oleh : Roni Ginting/Dodo
Jum'at | 16-09-2011 | 14:08 WIB
knalpot_bising.jpg honda-batam

Ilustrasi.

BATAM, batamtoday - Penggunaan knalpot modifikasi (racing) yang mengeluarkan suara yang berisik mulai mengundang keresahan warga. Diharapkan pihak terkait agar segera menertibkan serta merazianya karena sangat mengganggu kenyamanan.

Seperti dikeluhkan oleh Siti, warga Seiharapan. Dia mengaku sangat terganggu dengan kendaraan yang menggunakan knalpot modifikasi. "Bising sekali knalpot motor itu. Mengganggu aja, bikin tidak nyaman," katanya, Jumat (16/9/2011).

Apalagi, tidak jarang saat ada kegiatan, seakan tidak peduli, pengguna knalpot tesebut malah menggeber-geber yang memekakkan telinga.

"Bikin emosi aja, kadang kita sedang ada kegiatan atau sedang istirahat jadi terganggu dengan suara bising tersebut," ujar Siti.

Keluhan yang sama juga diutarakan oleh Henri, warga Batam Centre, penggunaan knalpot racing dengan suara yang bising tersebut membuat suasana jadi tidak nyaman. Untuk itu diharapkan agar pihak terkait, terutama bagian Satlantas agar segera menertibkannya.

"Sekarang ini semakin banyak aja, bikin pusing dan mengganggu. Tolong kepada Kepolisian agar melakukan razianya," katanya berharap.

Sementara itu, AKP Melda Yani, Kasat Lantas Polresta Barelang yang dihubungi batamtoday berjanji akan segera menertibkan para pengendara kendaraan pengguna knalpot modifikasi ini.

"Kita akan razia mereka secepatnya, bagaimanapun warga telah diresahkan oleh para pengguna knalpot modifikasi," kata Melda.

Melda juga menegaskan para pengguna knalpot modifikasi itu nantinya akan diberi sanksi tegas sesuai dengan aturan.

"Kalau perlu kita suruh ganti dengan aslinya saat kita razia nanti," tegas Melda.