Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kepala Daerah Diwajibkan Ikut Smart City Forum
Oleh : Redaksi
Jum'at | 02-09-2016 | 11:16 WIB
Asman_abnur.jpg Honda-Batam

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi dan Birokrasi (MenPAN-RB) Asman Abnur

BATAMTODAY.COM, Bandung - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi dan Birokrasi (MenPAN-RB) Asman Abnur mengapresiasi kegiatan Indonesia Smart City Forum (ICFS) 2016. Pihaknya akan segera membuat Surat Keputusan (SK) Menteri untuk mewajibkan seluruh kepala daerah di Indonesia mengikuti kegiatan ini setiap tahunnya.

"Saya sangat mengapresiasi ini. Terima Kasih kepada Wali Kota Bandung Ridwan Kamil karena sudah memperingan pekerjaan saya membuat acara seperti ini," ujar Asman dalam sambutannya saat membuka ISCF 2016 di The Trans Luxury Hotel, Jalan Gatot Subroto, Kota Bandung, Jabar, Jumat (2/9/2016).

Seperti dikutip dari laman detik.com, Pria yang baru satu bulan dilantik sebagai menteri ini menganggap ISCF 2016 sebagai wadah setiap daerah untuk saling belajar, berbagi informasi dan ilmu terkait teknologi untuk memajukan daerah.

"Sesuai instruksi presiden, inilah (smart city) yang menjadi fokus kami. Kami sepakat akan menjadikan ini sebagai acara nasional, dan segera mengeluarkan SK untuk mewajibkan seluruh kepala daerah mengikuti kegiatan ini. Setiap tahun harus ada," tutur Asman menegaskan.

Menurut Asman, manfaat forum ini signifikan untuk kemajuan daerah dalam pemanfaatan teknologi smart city.

"Ini forum belajar yang paling praktis, enggak perlu mikir, enggak perlu penelitian, enggak perlu studi banding lagi. Tinggal contoh implementasikan, paksakan," ucapnya.

Lebih lanjut Asman mengatakan, salah satu penekanan dari Presiden Jokowi dalam penerapan smart city ialah e-Goverment, khususnya e-Budgeting. Asman mencontohkan Kota Bandung yang sudah berhasil menerapkan e-Budgeting untuk menghemat anggaran.

"Kota Bandung sudah membuktikan bisa menghemat anggaran sebanyak satu triliun. Bayangkan kalau diterapkan di seluruh kabupaten kota atau seluruh Indonesia, bapak-bapak enggak akan dipotong anggaranya," kata Asman sambil berkelakar.

Secara resmi Asman juga membuka kegiatan ISCF 2016 yang akan digelar selama dua hari, mulai hari Jumat 2 September 2016 hingga besok Sabtu 3 September 2016.

Editor: Surya