Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Jumlah Pengguna Mariyuana di AS Naik 10 Juta Orang
Oleh : Redaksi
Kamis | 01-09-2016 | 14:57 WIB
ganja.gif Honda-Batam

Ilustrasi (Reuters/Steve Dipaola)

BATAMTODAY.COM, AS - Jumlah pengguna mariyuana di Amerika Serikat meningkat tajam sebanyak 10 juta orang dari 2002 hingga
2014.

Temuan itu merupakan hasil penelitian yang dipublikasikan di jurnal medis The Lancet Psychiatry pada Kamis (1/9/2016).

Peningkatan ini disebabkan berkembangnya anggapan bahwa mariyuana tidak berbahaya dan kerap digunakan pula untuk keperluan rekreasional.


Berdasar survei terhadap lebih dari 500 ribu orang individu dewasa di AS antara 2002 dan 2014, studi itu menemukan bahwa penggunaan mariyuana naik 10,4 persen dari populasi pada 2002 menjadi 13,3 persen pada 2014. Jumlahnya, dari 21,9 juta menjadi 31, 9 juta orang.

Angka penggunaan harian atau hampir setiap hari adalah 8,4 juta pada 2014, menurut perkiraan mereka, naik dari 3,9 juta pada 2002.

Jumlah orang yang mengaku mereka takut akan dampak buruk akibat mengisap mariyuana sekali atau dua kali sepekan, turun 50,4 persen ke 33,3 persen dalam periode yang sama.

Penelitian ini tidak menemukan peningkatan gangguan penggunaan seperti ketergantungan terhadap mariyuana.

Penggunaan mariyuana di kalangan anak-anak dan remaja juga tidak menjadi bagian penelitian.

“Perubahan dalam kelaziman penggunaan kanabis terjadi dalam periode ketika banyak negara bagian AS melegalisasi kanabis untuk keperluan medis, namun sebelum empat negara bagian melegalisasi penggunaan rekreasional kanabis,” kata peneliti Micahel Lynskey dan Wayne Hall dalam jurnal itu.

“Mungkin terlalu cepat untuk menyimpulkan soal efek dari perubahan hukum dalam penggunaan kanabis dan kerusakan yang terkait dengan kanabis, namun sepertinya bahwa perubahana kebijakan ini akan meningkatkan kelaziman dan frekuensi penggunaan kanabis,” tambah mereka.

Meski begitu, di Inggris, yang terjadi adalah sebaliknya. Dalam komentar Robin Murray dari Kings College London di jurnal yang sama, penggunaan mariyuana di Inggris turun dalam sepuluh tahun terakhir.

Sumber: jurnal medis The Lancet Psychiatry
Editor: Udin