Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Sekjen MPR Minta Dukungan Media untuk Sosialisasikan Program-Program MPR RI
Oleh : Irawan
Kamis | 01-09-2016 | 10:11 WIB
sekjenmpr.jpg Honda-Batam

Sekretaris Jenderal MPR RI Maruf Cahyono dengan awak media nasional peliput seputar parlemen

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Mobilitas gerak kinerja dan program-program MPR RI seperti Sosialisasi Empat Pilar MPR RI butuh publikasi yang luas agar program-program MPR sampai kepada rakyat sampai ke pelosok daerah. Kerjasama dengan media massa nasional dan daerah sangat diperlukan agar program dan hasil program tersebut sampai kepada rakyat.

Esensi itulah yang dibahas dalam acara non formal ngobrol bareng dan sambung rasa Sekretaris Jenderal (Sekjen) MPR RI Maruf Cahyono dengan awak media nasional peliput seputar parlemen, di Gedung MPR/DPR/DPD, Senayan, Jakarta, Kamis ( 1/9/2016 ).

Acara yang juga dihadiri Kepala Bagian Pemberitaan, Hubungan Antarlembaga, dan Layanan Informasi, Biro Humas Setjen MPR Rharas Esthining Palupi, Kepala Subbagian Pemberitaan dan Layanan Informasi, Bagian Pemberitaan, Hubungan Antarlembaga, dan Layanan Informasi, Biro Humas Setjen MPR RI Budi Muliawan, dan Ketua Press Room Parlemen Hilman Mattauch ini diikuti sekitar 100-an wartawan nasional baik cetak, online dan elektronik.

Di hadapan para awak media massa, Maruf Cahyono mengungkapkan, peranan media massa nasional dalam penyampaian program-program MPR RI sangat terasa bermanfaat untuk masyarakat Indonesia.

Tugas-tugas MPR yang merupakan amanat UU dan kajian-kajian aspirasi rakyat juga semakin diketahui dan mendapatkan respon sangat baik dari hari ke hari oleh rakyat secara luas.

"Semua itu adalah dampak komunikasi antara MPR dan media massa sangat baik, menurut saya itu harus terus dipertahankan dan dikembangkan di kemudian hari. Kami juga membuka tangan seluas-luasnya kepada media massa untuk menyampaikan usul, masukan juga pendapat tentang program-program MPR," katanya.

Maruf mengatakan, program-program MPR seperti sosialisasi empat pilar MPR RI selama ini selalu dilakukan evaluasi sejauh mana mengenai keberhasilannya.

"Evaluasi sosialiasi itu ada dua yakni kualitatif dan kuantitatif. Indikatornya banyak, dan baik-baik. Sedangkan secara kualitatif, sasaran sosialiasi selama ini mencapai ribuan elemen masyarakat termasuk guru, mahasiswa, akademisi dan lain-lain," ujarnya.

Menurut Maruf, MPR terus memperkokoh NKRI dengan memberikan pemahaman kepada masyarakat melalui program kelembagaan dan tugas-tugas MPR seperti penguatan Pancasila sebagai ideologi, UUD NRI 1945, Bhinneka Tunggal Ika, dan NKRI.

"Meski masih ada sebagian kecil masyarakat yang belum tahu. Seperti kasus pedangdut Zaskia Gotik, dan lain-lain," katanya.

Karena itu kata Maruf berharap kerja sama dengan media perlu ditingkatkan terus sebagai upaya untuk menyukseskan sosialiasi kelembagaan MPR RI, dan sosialiasi empat pilar MPR RI sampai ke masyarakat.

"Dengan gagasan yang kreatif dan inovatif, Insya Allah sampai ke masyarakat, bangsa dan negara ini tetap dalam bingkai NKRI," katanya.

Editor: Surya