PKP
Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Selama Lebaran, Hang Nadim Nihil Kasus Hipnotis
Oleh : Ali/Dodo
Kamis | 15-09-2011 | 16:02 WIB
Kapolsek-Bandara-Hang-Nadim.gif honda-batam

Iptu Heri Sujati, Kapolsek Khusus Bandara Hang Nadim.

BATAM, batamtoday - Kejahatan hipnotis banyak ditemukan di berbagai tempat di Indonesia selama Lebaran lalu, namun catatan positif patut diberikan kepada aparat kemanan di Bandara Internasional Hang Nadim Batam karena tak satupun kasus hipnotis ini ditemukan selama masa arus mudik maupun arus balik.

"Di wilayah hukum kami cukup aman dari jenis kejahatan hipnotis. Sejauh ini tidak ada laporan, baik dari saksi maupun korban," kata Iptu Heri Sujati, Kapolsek Khusus Bandara Hang Nadim kepada batamtoday, Kamis (15/9/2011).

Walau demikian, sebut Heri Sujati, bukan berarti tindak kejahatan tidak bisa terjadi di bandara. Setiap tindak atau rencana kejahatan bisa terjadi di mana-mana. Hanya saja, untuk saat ini, kondisi keamanan dan kenyamanan Bandara Hang Nadim masih terkendali.

Menurut Heri Sujati, dia mengimbau kepada masyarakat yang hendak bepergian melalui bandara Hang Nadim untuk memperhatikan keselamatannya masing-masing. Artinya, sikap waspada dan hati-hati juga harus dimiliki oleh calon penumpang.

Dia menjelaskan lebih rinci, misalnya saat hendak berangkat, jangan mengenakan perhiasan yang mencolok. Kemudian jika ingin membawa barang-barang berharga sebaiknya ditempatkan di lokasi yang aman. Jangan terlalu menarik perhatian.

"Jangan terlalu berlebihan mengenakan perhiasan. Tampil percaya diri dan penuh waspada," ujar Heri Sujati menambahkan.

Selain itu, lanjut dia, jika bepergian seorang diri jangan berhenti di lokasi yang sepi. Di bandara, saat ini sudah banyak petugas keamanan yang memakai seragam. Jika dirasa lebih nyaman, maka lebih baik duduk berdekatan dengan petugas keamanan yang ada.

Selain itu, untuk bepergian jauh tidak usah membawa uang tunai berlebih. Simpan uang di bank dan tinggal mengambil melalui ATM. Sebab saat ini, fasilitas ATM di Bandara Hang Nadim juga cukup lengkap. Masyarakat tidak perlu repot membawa uang tunai.

"Uang tunai dibawa secukupnya, jangan membawa uang dalam jumlah yang berlebih," ujar mantan Kanit Laka Polresta Barelang ini mengingatkan.