Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

DPD Fokus Perjuangan Anggaran untuk Provinsi Kepulauan dan Perbatasan
Oleh : Irawan
Minggu | 28-08-2016 | 13:30 WIB
Muhammad_Nabil2.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Muhammad Nabil, Anggota Komite I DPD RI, Senator asal Provinsi Kepulauan Riau.

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Senator Muhammad Nabil mengatakan, saat ini fokus DPD RI memperjuangkan provinsi yang berbasis kepulauan dan provinsi yang berbasis perbatasan.

Menurut Nabil, fokus provinsi yang berbasis kepulauan itu terkait dengan politik anggaran agar daerah kepulauan seperti Provinsi Kepri nanti dapat insentif khusus dari anggaran APBN. Sebab, daerah kepulauan memiliki perbedaan dengan daerah daratan, yang mana membutuhkan anggaran lebih dalam pembangunannya.

"Dengan APBD provinsi kita saat ini, saya rasa tidak cukup untuk membiayai berbagai bidang di kepulauan kita yang sangat luas ini, kita tentu berbeda dengan daerah daratan. Dengan Fokus provinsi yang berbasis kepulauan ini, kita berharap Kepri ada mendapat dana insentif yang lain diluar dari Dana Alokasi Khusus," kata Nabil di Jakarta, Minggu (28/8/2016).

Ia mengatakan, fokus provinsi yang berbasis kepulauan ini telah masuk dalam Prolegnas 2016. Sedangkan provinsi yang berbasis perbatasan terkait dengan pengelolaan kawsan perbatasan, dimana didalamnya mengenai isu keamanan, penyelundupan manusia, narkoba dan lain-lain.

Sementara itu mengenai masalah dana tunda salur DBH Migas dari pemerintah pusat, Nabil mengatakan, perlu komitmen bersama dari seluruh stake holder di daerah, yakni pemerintah provinsi dan pemerintah daerah Kabupaten/ kota, bersama-sama dengan DPDRI dan DPRRInya untuk melobi kepemerintah pusat, agar pemerintah pusat dapat segera mengucurkannya, mengacu pada Provinsi Riau yang berhasil mendapat dana tunda salur dengan cepat.

"Nah ini yang perlu kita lakukan, Pemprov dan Pemda 7 kabupaten kota seharusnya mengajak kami melobi pemerintah pusat yakni Departemen Keuangan, seperti yang dilakukan Pemprov Riau. Buktinya mereka Pemprov Riau berhasil melobi pusat dan amereka telah mendapat dana bagi hasil yang menjadi tunda salur itu. Sayang saja selama ini belum ada inisiatif itu dari pemerintah kita disini untuk melakukan itu," kata Anggota Komite I DPD RI

Editor: Surya