Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Wabup dan Kapolres Lingga Rapat dengan Menteri dan Kapolri Melalui Video Conference
Oleh : Nur Jali
Kamis | 25-08-2016 | 18:14 WIB
M-Nizar-edit.gif Honda-Batam

Wabup Lingga, M Nizar (Foto: dok.batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Dabosingkep - Wakil bupati Lingga mengikuti rapat penanggulangan kebakaran hutan melalui video conference dengan Kapolres Lingga dan SKPD terkait, bersama dengan Menteri koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani, Menteri Lingkungan Hidup Siti Nurbaya, Kapolri Jendral Tito Karnavian di ruang Rupatama Mapolres Lingga, Kamis (25/8/16).

Wakil Bupati Lingga, Muhammad Nizar, saat dikonfirmasi usai mengikuti rapat mengatakan, penanggulan kebakaran hutan memang sangat penting sekali bagi pemerintah daerah khususnya Kabupaten Lingga. Mengingat di Kabupaten Lingga sendiri jika musim kemarau, hal ini kerap sekali terjadi, sehingga antisipasi seperti ini sangat dibutuhkan.

"Hari Senin nanti, Kapolres Lingga mengajak kita dan melibatkan BNPB, pemerintah daerah untuk melakukan beberapa kegiatan mengantisipasi hal ini," jelasnya.

Untuk Pemerintah Kabupaten Lingga sendiri, menghadapi musim kemarau nanti sudah melakukan koordinasi dengan SKPD terkait seperti BNPB, Dinas PU, PDAM dan Damkar untuk mengantisipasi kebakaran hutan itu nantinya.

"Kita sudah meminta kepada SKPD terkait dan petugas di lapangan untuk standby mengantisipasi hal ini, sehingga kejadian seperti tahun-tahun sebelumnya bisa ditekan," jelasnya.

Meskipun begitu, menurutnya saat ini untuk curah hujan di wilayah Sumatera sendiri saat ini cukup tinggi di musim penghujan ini, sehingga meskipun nanti musim kemarau, kemungkinan terjadinya kebakaran hutan di wilayah Lingga, tidak terlalu rawan.

"Tadi itu fokus di 6 atau 7 Provinsi, tapi melihat curah hujan tahun ini, daerah kita tidak terlalu rawan terjadi kebakaran hutan," jelasnya.