Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Hari Nusantara Jadi Momentum Bangun Konektivitas Antar Pulau
Oleh : Redaksi
Selasa | 23-08-2016 | 13:02 WIB
perbatasan.jpg Honda-Batam

Parade kapal perang RI (KRI), kapal nelayan dan helikopter melintas di Pantai Talise, Palu, Sulawesi Tengah, Minggu (15/12/2013), dalam rangkaian Hari Nusantara 2013.(Sumber foto: Kompas.com)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Hari Nusantara 2016 yang diluncurkan Senin (22/8/2016) dianggap sebagai momentum Indonesia untuk membangun konektivitas antar provinsi dan antar kota/kabupaten.

Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo, mengungkapkan Hari Nusantara 2016 bukan hanya untuk memperingati Deklarasi Djuanda yang dihelat pada 13 Desember 1957, tetapi juga sebagai sebuah harapan konektivitas antar daerah di Indonesia.

"Salah satu tujuan utamanya tidak sekadar merayakan Deklarasi Djuanda, tapi secara politik, budaya, dan ekonomi dengan ditetapkannya hari nusantara setidaknya diharapkan ada konektivitas antar daerah untuk kepentingan maritim," ujar Tjahjo seusai acara peluncuran Hari Nusantara 2016 di gedung Kementerian Pariwisata, Jakarta, Senin (22/8/2016).

Tjahjo menjelaskan peluncuran Hari Nusantara 2016 merupakan langkah mensinergisasikan kondisi geopolitik Indonesia sebagai negara maritim dan sumber daya laut untuk kepentingan bangsa dan negara.

"Hal ini menunjukkan Idonesia negara maritim yang sinkron dengan Nawacita Pak Jokowi, khususnya membangun tol laut. Kemudian juga mengoptimalkan sumber daya laut untuk kepentingan bangsa dan negara," tutur Tjahjo.

Tjahjo juga menilai Hari Nusantara 2016 merupakan momentum membangun sinergi, mulai dari sektor pariwisata, sektor perekonomian, membangun infrastruktur, juga budaya di Indonesia.

"Karena Pak Jokowi ingin membangunnya bukan Jawasentris, bukan Sumaterasentris, tapi Indonesiasentris," tutur dia.

Sumber: Kompas.com
Editor: Udin