Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pembunuhan Transgender Picu Protes di Turki
Oleh : Redaksi
Selasa | 23-08-2016 | 09:26 WIB
lgbt_protestbyepa.jpg Honda-Batam

Turki masih konservatif terhadap pengakuan LGBT dan aksi protes seperti ini masih jarang. (Foto: Epa)

BATAMTODAY.COM, Istanbul - Sejumlah warga Turki menggelar protes damai terkait kasus pembunuhan seorang transgender, Hande Kader, di pusat kota Istanbul.

 

Mereka tidak adanya penyelidikan terhadap kematian Kader, 23 tahun, seorang aktivis LGBT, yang tubuhnya ditemukan terbakar di sebuah hutan setelah dilaporkan menghilang.

Hande Kader, seorang pekerja seks, terakhir kali dilihat memasuki mobil seorang klien di suatu malam. Jenazahnya ditemukan di hutan kemudian dibawa ke kamar mayat di kota tersebut, dan berhasil dikenali oleh teman sekamar Kader.

Aktivis memprotes polisi yang belum menangkap siapa pun terkait dengan kasus dugaan pembunuhan terhadap Kader.
"Kami tidak akan berhenti sampai kami menemukan pihak yang bertanggung jawab untuk pembunuhan Hande Kader," kata Ebru Kiranci, juru bicara Asosiasi Solidaritas LGBTI Istanbul.

Rengin Arslan dari BBC Turki mengatakan kelompok LGBT berharap Hande Kader dapat pintu masuk bagi penyelesaian kasus pembunuhan para transgender di Turki.

Kematian Kader adalah pembunuhan kedua yang mengguncang komunitas LGBT di Istanbul akhir-akhir ini – jasad seorang pria gay asal Suriah Muhammad Wisam Sankari, ditemukan tanpa kepala dan dimutilasi. Jenazahnya dapat dikenali oleh teman sekamarnya pada akhir Juli lalu.

Pemberitaan menyebutkan anggota parlemen oposisi hadir diantara protes yang dihadiri para aktivis LGBT.
Polisi menjaga dengan water cannon di sekitar lokasi, seperti diberitakan kantor berita AFP.

Sumber: BBC Indonesia
Editor: Dardani