Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Emas Owi-Butet, Juga Kado HUT 90 Tahun Pesantren Gontor
Oleh : Redaksi
Selasa | 23-08-2016 | 08:50 WIB
ayahowi.jpg Honda-Batam

Muhammad Husni Muzaitun dan Masruroh orang tua Tontowi hormat ketika lagu Indonesia Raya berkumandang, setelah pasangan Tontowi/Liliayana mendapat emas di Olimpiade Rio 2016. (Foto: Satelit Pos/Anang Firmansyah)

BATAMTODAY.COM, Ponorogo - Sabtu, 20 Agustus 2016 lalu, hanya berselang tiga hari setelah Indonesia merayakan kemerdekaan ke-71, Pondok Pesantren Darussalam Gontor Ponorogo Jawa Timur, juga tengah memeringati ulang tahunnya yang ke-90.

 

Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla (JK) menghadiri peringatan hari penuh syukur di Gontor Jawa Timur, 20 Agustus 2016. Saat itu, JK berharap agar Pondok Pesantren Modern Darussalam Gontor tetap mempertahankan kemodernannya. Yaitu dengan terus mengembangkan sistem pendidikan yang visioner.

“Modern itu visioner. Artinya berpikir kekinian dan yang akan datang. Pendidikan harus melihat ke depan. Karena ilmu yang didapat anak-anak yang sekarang sedang belajar, yang usainya 12 atau 15 tahun, akan dimanfaatkan pada 10 tahun ke depan,” kata JK saat memberi sambutan di depan ribuan santri dan alumni Pondok Gontor pada acara Peringatan 90 Tahun Pondok Pesantren Modern Darussalam Gontor.

Apa hubungannya emas Olimpiade Rio yang diraih Tontowi/Liliayana atau Owi-Butet dengan Pondok Pesantren Modern Darussalam Gontor?

Ternyata, bakat bulu tangkis yang mengalir dalam darah Owi berasal dari Gontor. Ya, Muhammad Husni Muzaitun, ayah Tontowi adalah alumni Pondok Modern Darussalam Gontor, Ponorogo. Sewaktu di Gontor, Husni dikenal jagonya bulutangkis. Setiap kali memegang raket, tak ada yang berani melawannya.

"Dulu sewaktu di Gontor, enggak ada yang berani melawan nomor satu. Maaf, ini bukan takabur," Ahmad mengenang peristiwa di Gontor sambil tertawa.

Setelah Owi/Butet menang, teman-temannya di Gontor angkatan 75 memberi ucapan selamat kepada Husni. Sebelum pertandingan, muncul ajakan menonton Owi.

"Banyak orang Gontor memberikan selamat, dari Jakarta memberi selamat. Alumni di grup WhatsApp 75 banyak sekali memberi selamat. Muncul ajakan ayo para Gontoriyun mendukung Owi," beber Husni.

Hari ini, Owi-Butet akan disambut sebagai pahlawan olahraga di Jakarta. Selamat Owe-Butet, selamat ulang tahun Pondok Pesantren Darussalam Gontor Ponorogo, selamat Indonesia!

Sumber: Tribun
Editor: Dardani