Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Singapura Siap Bantu Indonesia Atasi Kebakaran Hutan
Oleh : Magid
Rabu | 14-09-2011 | 11:07 WIB
balakrishnan.jpg Honda-Batam

Dr Vivian Balakrishnan, Menteri Lingkungan Hidup dan Sumber Daya Air, Singapura. Foto:MediaCorp

SINGAPURA, batamtoday - Pemerintah Singapura siap membantu Indonesia dalam rangka penanggulangan kebakaran hutan dan penyelesaian kabut asap yang dampaknya menyebar luas. Hal ini dikemukakan Menteri Lingkungan Hidup dan Sumber Daya Air Singapura, Dr Vivian Balakrishnan menanggapi dampak kabut asap yang mulai dirasakan di Singapura.

Seperti diberitakan media setempat, Rabu(14/9/2011), pemerintah Singapura saat ini memiliki tim yang siap dikirim ke Indonesia. Hanya saja tinggal menunggu apakah bantuan tersebut memang dibutuhkan.

"Kami memiliki tim yang siap membantu memadamkan api atau bahkan melakukan penyiraman dari udara, dan bantuan tehnis lainya. Tergantung apakah Indonesia meminta bantuan ini atau tidak? kami tetap siap jika sewaktu-waktu diperlukan," ujar Dr Vivian Balakrishnan.

Persoalan kabut asap akibat pembakaran hutan gambut di Indonesia memang tiap tahun dikeluhkan pemerintah Singapura. Karena ketebalan kabut kerap mengganggu penerbangan internasional di Bandara Changi, satu-satunya bandara Singapura.

"Saya baru pulang dari Afrika, mereka juga melakukan pembakaran untuk membuka lahan, karena ini adalah cara yang mudah dan murah, tapi tentunya harus dipertimbangkan dampak setelah pembakaran tersebut," ujarnya.

Lebih lanjut Vivian berharap, dimasa yang akan datang pemerintah Indonesia dapat melakukan langkah-langkah pencegahan. Diantaranya memberikan pendidikan kepada petani perkebunan, dan juga mengevaluasi penegakan hukum sehingga jika ada pelanggaran pembakaran hutan dapat ditindak dengan tegas.

"Aparat penegak hukum yang relevan juga seharusnya mengambil tindakan tegas," pungkasnya.