Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

TNI AD Dukung Penuh Lingga Merdeka dari Ketergantungan Beras Impor
Oleh : Nurjali
Jum'at | 19-08-2016 | 11:14 WIB
cetak-sawah1.jpg Honda-Batam

Komandan Satgas Percepatan Cetak Sawah (PCS) Mabes TNI AD, Brigjen TNI FX Bangun Pratiknyo saat memberikan keterangan pers di lokasi Opsus cetak sawah baru di Desa Bukit Langkap, Kecamatan Lingga Timur, Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau, Kamis (18/8/2016). (Foto: Ist)

BATAMTODAY.COM, Lingga - Markas Besar TNI Angkatan Darat melalui Satuan Tugas Percepatan Cetak Sawah (Satgas PCS) mendukung penuh perjuangan Bupati Lingga H. Alias Wello untuk merdeka dari ketergantungan beras impor.

Hal itu diungkapkan Komandan Satgas Percepatan Cetak Sawah Mabes TNI AD, Brigjen TNI FX Bangun Pratiknyo, saat meninjau lokasi Operasi Khusus (Opsus) percepatan cetak sawah baru di Desa Bukit Langkap, Kecamatan Lingga Timur, Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau, Kamis (18/8/2016).

"Semangat Pak Bupati dan masyarakat Lingga untuk merdeka dari ketergantungan beras impor, kita dukung penuh. Dukungan itu diberikan TNI AD melalui Satgas PCS bersama Ditjen PSP Kementerian Pertanian dalam bentuk pencetakan sawah baru. Tahun ini, Lingga dapat alokasi 100 hektar," jelas Bangun Pratiknyo.

Mantan Danrem 173/PVB Biak, Papua, ini mengapresiasi semangat Pemkab Lingga dan antusiasme masyarakat Desa Bukit Langkap dalam menyambut program Opsus percepatan cetak sawah baru hasil kerjasama Ditjen PSP Kementerian Pertanian dan Mabes TNI AD.

"Melihat semangat Pak Bupati dan antusiasme masyarakat, saya yakin program cetak sawah baru di Desa Bukit Langkap ini akan berhasil. Apalagi masyarakat calon petaninya memang sudah tidak asing lagi dengan sawah. Mereka rata-rata keluarga petani dari Pulau Jawa yang ikut program transmigrasi di Kabupaten Lingga," kata Bangun.

Dukungan yang sama juga diberikan Direktur Perluasan dan Perlindungan Lahan Ditjen PSP Kementerian Pertanian, Prasetyo Nuchsin. "Semangat Pak Bupati Lingga yang ingin merdeka dari ketergantungan beras impor, suatu tekad yang perlu diacungi jempol," ucap Prasetyo.

Hadir dalam rombongan Satgas PCS Mabes TNI AD saat peninjauan lokasi pencanganan cetak sawah baru di Desa Bukit Langkap itu, Kolonel Czi I Wayan Aditya, Letkol (Czi) April H, Danramil Daik Lingga Kapten (Inf) Herwan Saputra, Kepala Dinas Pertanian dan Kehutanan Lingga Rusli Ismail, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Lingga Kasiman, Kepala Desa Bukit Langkap Sudarmin, dan inovator pencetakan sawah baru di Lingga, Ady Indra Pawennari.

Sebelumnya, Bupati Lingga H. Alias Wello dalam sambutannya saat meresmikan pencanangan cetak sawah baru di Desa Bukit Langkap, meminta masyarakat terus menjaga kekompakan dan semangat persatuan, sehingga program cetak sawah baru ini berjalan dengan sukses dan lancar.

"Hari ini, sempena HUT RI ke-71, kita dapat kado istimewa dari Kementerian Pertanian dan Mabes TNI AD berupa program cetak sawah baru seluas 100 hektar untuk Desa Bukit Langkap. Mudah-mudahan, tahun depan bisa bertambah lagi, sehingga kita merdeka dari ketergantungan beras impor,” ucap Awe, sapaan akrab Bupati Lingga ini, saat meresmikan pencanangan cetak sawah baru di Desa Bukit Langkap, Rabu (17/8/2016).

Mantan Ketua DPRD Kabupaten Lingga ini juga mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Menteri Pertanian RI Andi Amran Sulaiman dan Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo atas dukungannya menempatkan Kabupaten Lingga sebagai daerah operasi khusus (Opsus) pencetakan sawah baru menuju kemandirian pangan nasional.

 

Berita terkait:

Editor: Dardani