Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Hampir Saja Merah Putih di Istana Negara Dikibarkan Warga Negara Prancis
Oleh : Redaksi
Selasa | 16-08-2016 | 08:24 WIB
gloriabykompas.jpg Honda-Batam

Inilah Gloria Natapradja Hamel, warga negara Prancis. (Foto: Kompas)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Hampir saja, seorang warga negara Prancis akan mengibarkan bendera merah putih di Istana Negara Jakarta, bersama dengan 68 calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) 2016. Warga negara Prancis yang telah masuk dan berlatih dalam Paskibraka itu adalah Gloria Natapradja Hamel.

 

Padahal, calon Paskibraka asal Provinsi Jawa Barat ini, sudah sempat mengikuti proses karantina dan latihan upacara pengibaran bendera menyambut HUT Kemerdekaan RI ke-71.

Pembatalan tersebut, membuat kondisi siswi asal Depok, Jawa Barat ini dikabarkan tidak stabil. Hal itu dikatakan Ketua Satgas Perlindungan Anak pada Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI), M Ihsan.

Hal senada juga dikatakan teman sesama Paskibraka Gloria Natapraja Hamel yang juga berasal dari Jawa Barat (Jabar) yakni Alldi Padlyma Allamurochman. Diungkapkan Alldi dilansir Antara, rekannya itu saat ini sedang sakit.

"Yang saya tahu dia itu sedang sakit," kata Alldi di Istana Negara Jakarta, Senin, setelah upacara pengukuhan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Ditemui usai pengukuhan 67 Paskibraka, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrowi membantah bahwa Gloria stres akibat dikeluarkan dan batal dikukuhkan sebagai Paskibraka 2016.

"Tidak (stres). Kami memastikan bahwa Gloria dalam keadaan baik-baik saja," kata Imam, Senin (15/8/2016).

Sebaliknya, Imam mengatakan bahwa Gloria dalam keadaan yang baik dan cukup tegar menghadapi kenyataan pembatalan sebagai Paskibraka 2016.

"Terus kami dampingi dan Gloria sangat tegar. Dia mengatakan bahwa pak ini kesempatan baik bagi kami untuk minta kepada orangtuanya untuk mengurus soal kewarganegaraan," ujar Imam.

Sebelumnya, M Ihsan mengungkapkan bahwa Gloria dalam keadaa stres karena batal dikukuhkan sebagai Paskibraka 2016.

"Barusan saya ditelepon seorang ibu karena anaknya stres di asrama Paskibraka. Dia tiba-tiba ditolak Garnisun karena ibunya menikah dengan warga negara Perancis, sehingga dia dianggap bukan Warga Negara Indonesia," kata Ihsan beberapa waktu lalu.

Seperti diberitakan sebelumnya, Presiden Joko Widodo hanya mengukuhkan 67 siswa sebagai anggota Paskibraka 2016, dari jumlah calon Paskibraka sebanyak 68 siswa.

Satu calon anggota Paskibraka asal Provinsi Jawa Barat, Gloria Natapradja Hamel batal dikukuhkan karena memegang paspor Perancis, sehingga dinyatakan bukan Warga Negara Indonesia.

Sumber: Beritasatu
Editor: Dardani