Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Tommy Sugiarto Gagal ke Semifinal di Rio
Oleh : Redaksi
Selasa | 16-08-2016 | 08:12 WIB
tommygagal.JPG Honda-Batam

Tommy Sugiarto saat berjuang di Olimpiade. (Foto: Sportsatu) 

BATAMTODAY.COM, Rio de Jeneiro - Pebulu tangkis tunggal putra Indonesia, Tommy Sugiarto, tersingkir dari Olimpiade Rio 2016 usai takluk dari wakil Britania Raya, Rajiv Ouseph, dalam rubber set 13-21 21-14 16-12, Selasa (15/8) dini hari WIB. Tommy mendapat perlawanan yang ketat dan bersusah payah menghadapi Ouseph.

 

Tommy mengawali pertandingan dengan sangat baik dan meraih poin demi poin untuk menjauh dari sang lawan. Tapi, Rajiv Ouseph bukan lawan yang mudah bagi Tommy, di mana ia kerap memberikan tekanan dan sesekali melancarkan serangan yang mematikan.

Meski sempat tertinggal Rajiv Ouseph berhasil mengejar perolehan poin Tommy dan berhasil menyamakan poin menjadi 9-9. Tidak hanya itu, berhasil membalikkan keadaan dan unggul 11-9 atas Tommy ketika memasuki jeda set pertama.

Rajiv Ouseph seperti telah mendapatkan kekuatan dan menemukan celah pertahanan Tommy setelah jeda set pertama. Wakil Britania Raya itu benar-benar tampil bagus dan perlahan-lahan menjauh dari Tommy. Sangat disayangkan, Tommy juga kerap melakukan kesalahan yang menguntungkan lawan. Alhasil, set pertama Rajiv Ouseph unggul 21-13 atas Tommy.

Pada set kedua, Tommy kembali mengawali pertandingan dengan baik dan unggul dalam perolehan poin atas Rajiv Ouseph. Tapi, performa Tommy tidak stabil dan sang lawan juga kembali memberikan perlawanan yang ketat di set kedua ini.

Tommy berhasil mendapatkan ritme permainan di set kedua kali ini dan secara perlahan mengumpulkan poin demi poin. Strategi Tommy cukup berhasil membuat sang lawan tak berkutik dan sementara Tommy unggul 11-6 saat jeda set kedua.

Set kedua ini benar-benar milik Tommy. Andalan Indonesia ini berhasil menjauh dari kejaran Rajiv Ouseph bahkan hingga selisih mencapai tujuh poin. Tommy akhirnya berhasil menutup set kedua ini dengan skor 21-14. Pertandingan keduanya berlanjut ke set ketiga untuk menentukan siapa yang berhak melaju ke semifinal.

Pada set ketiga pertandingan berjalan sangat ketat di mana kedua pemain saling kejar poin. Tommy yang lebih dulu unggul dari Rajiv Ouseph gagal mempertahankan performa dan bisa dikejar oleh lawan. Bahkan wakil Britania Raya berhasil menyalip perolehan poin Tommy.

Pertandingan semakin menarik ketika kedua pemain secara bergantian menyamakan poin selepas jeda set ketiga. Sayangnya, Tommy gagal mempertahankan performa dan beberapa kali melakukan kesalahan yang menguntungkan Rajiv Ouseph.

Tommy harus mengubur mimpi ke semifinal Olimpiade Rio 2016 setelah menyerah 16-21 di set ketiga. Kini harapan Indonesia di cabang olahraga bulu tangkis tersisa pada ganda campuran Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir yang sedang bertanding melawan pasangan Tiongkok, Zhang Nan/Zhao Yunlei.

Sumber: Sporsatu
Editor: Dardani