Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pecahkan Rekor Muri, 13 Ribu Lebih Warga Binaan di Indonesia Nyanyikan Lagu Hari Merdeka dan Balap Tarompah
Oleh : Roland Hasudungan Aritonang
Senin | 15-08-2016 | 18:50 WIB
lomba.jpg Honda-Batam

Warga Binaan mengikuti lomba tarompah yang dilakukan serentak di seluruh Indonesia. Kegiatan itu untuk memecah rekor Muri (Foto: Roland Hasudungan Aritonang)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Menyambut HUT Republik Indonesia ke-71, warga binaan di Rutan Kelas I Tanjungpinang mengikuti perlombaan Balapan Taropah dan menyanyikan Lagu Hari Merdeka yang diadakan serentak di seluruh pembaga pemasyarakatan dan rumah tahanan di seluruh Indonesia, Senin (15/8/2016).

Kepala Rutan Kelas IA Tanjungpinang, Ronny Widyatmoko, mengatakan, kegiatan ini dilakukan untuk membangkitkan rasa nasionalisme seluruh warga binaan. Di samping itu, kegiatan ini juga dilaksanakan untuk memecahkan Rekor Muri.  

 Lomba tarompah warga binaan yntuk memeriahkan HUT RI ke 71 (Foto: Roland Hasudungan Aritonang)

"Kegiatan ini dilaksanakan oleh Kementerian Hukum HAM, yang tersambung secara langsung melalui vidio teleconfrence. Secara langsung warga binaan maupun seuluruh pegawai Rutan maupun Lapas dapat melihatnya," ujar Ronny di Rutan Kelas I Tanjungpinang, Senin (15/8/2016).

Ronny memaparkan, pemecahan Rekor Muri ini disaksikan langsung oleh Menteri Hukum dan HAM RI, Yasonna Laoly, dan juga dihadiri oleh Menteri Pariwisata dengan menggunakan aplikasi zoom secara langsung yang dipusatkan di Lapas Narkotika Kelas IIA Cipinang, Jakarta Timur.

"Warga binaan yang menyanyikan lagu Hari Merdeka, yang terlibat lebih dari 13 ribu orang, di mana di dalamnya termasuk pegawai," katanya.

Menurutnya, untuk di Rutan Kelas I Tanjungpinang sendiri, warga binaan yang menyanyikan lagu kemerdekaan, ada 250 orang dan yang mengikuti kegiatan Balapan Taropah sebanyak 50 orang

"Untuk di wilayah Kepri yang mengikuti lagu Hari Merdeka baik dari Lapas dan Rutan ada sebanyak 1.681 orang dan 237 warga binaan yang mengikuti kegiatan Balapan Taropah," paparnya

Tujuan dilakukan kegiatan ini untuk membangkitkan rasa nasionalis seluruh warga binaan, meskipun di balik jeruji besi mereka tetap berkarya, optimis, mempunyai martabat dan mereka juga orang orang yang terhormat, sama dengan orang orang yang di luar.

Berfoto bersama warga binaan usai acara (Foto: Roland Hasudungan Aritonang)

Usai melakukan pemecahan rekor muri, Rutan kelas I Tanjungpinang melakukan acara pelantikan dan pengambilan sumpah tiga pejabat struktural eselon V.

"Segera lakukan tugas dengan penuh tanggung jawab dan harus tegas. Dengan penggantian ini diharapkan Rutan Tanjungpinang lebih baik lagi," pungkasnya

Editor: Udin