Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kolam Renang Rio Berubah Warna jadi Hijau
Oleh : Redaksi
Jum'at | 12-08-2016 | 11:50 WIB
warna-air-berubah-di-olimpiade-rio.jpg Honda-Batam

Warna kolam lompat indah sempat menjadi hijau sedang kolam untuk polo air tetap biru seperti biasa.(Sumber foto: BBC)

BATAMTODAY.COM, Brasil - Pihak penyelenggara Olimpiade Rio mengatakan, kolam lompat indah yang sempat hijau pada pertandingan Selasa 9 Agustus dipastikan akan tetap biru.

Seorang juru bicara, Mario Andrada, mengatakan warna air di kolam menjadi hijau karena penurunan mendadak alkalinitas.

"Kami mungkin tidak sampai memperhatikan bahwa dengan lebih banyaknya atlet maka air akan terpengaruh," jelasnya.

Namun ditegaskan bahwa air berwarna hijau tersebut tidak mengandung risiko kesehatan dengan mengatakan pemeriksaan kualitas air di Pusat Akuatik Maria Lenk dilakukan secara teratur.

Perubahan warna tersebut yang terlihat nyata dengan perbandingan kolam untuk polo air menurut beberapa atlet pelompat indah membuat mereka kesulitan untuk melihat rekannya di dalam air.

Sementara Federasi Renang Internasional, FINA, mengatakan kurangnya unsur kimia dalam air kolam yang membuatnya berubah warna jadi hijau.

"FINA bisa mengukuhkan bahwa alasan dari warna air yang tidak biasa itu adalah tangki air kekurangan sebagian unsur kimia yang digunakan dalam proses perawatan air," seperti tertulis dalam pernyataannya.

Perubahan warna menjadi hijau itu amat tidak biasa dan sempat menjadi lelucon juga, antara lain mengkaitkannya dengan Shrek, tokoh kartun yang berkulit hijau yang mungkin masuk ke kolam tesebut.

Sumber: BBC
Editor: Udin