Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Humas Kementerian dan Lembaga Diminta Beritakan Pelaksanaan ST MPR
Oleh : Irawan
Rabu | 10-08-2016 | 14:14 WIB
Rudiantara.jpg Honda-Batam

Menteri Komunikasi dan Informasi Rudiantara.

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Menteri Komunikasi dan Informasi (Menkominfo) Rudiantara mengatakan, Sidang Tahunan (ST) MPR merupakan acara yang penting yang terjadi setahun sekali, sehingga menjadi kewajiban pemerintah untuk menyampaikan ke masyarakat.

Hal itu disampaikan Menkominfo Rudiantara saat memberikan sambutan dalam acara Forum Tematik Bakohumas MPR dalam rangka ST MPR yang dihadiri humas kementerian/lembaga negara di Jakarta, Rabu (10/8/2016).

"Ini merupakan pertanggungjawaban kita untuk menyampaikan apa yang telah kita lakukan selama setahun," kata Rudiantara.

Menurut Rudiantara, ST MPR ini perlu dimanfaatkan dan dikomunikasikan mengenai hasil kinerja yang telah dilakukan lembaga negara, karena pelaksanaan acaranya diselenggarakan satu tahun sekali. "Ini momentum satu tahun sekali," ujarnya.

Substansi yang akan dibacakan Presiden Joko Wdodo (Jokowi) dalam ST MPR mewakili lembaga Kepresidenan, lanjutnya, perlu dikemas dan disampaikan kepada masyarakat sehingga mudah dipahami.

"Dalam mengkomunikasikan ini ada dua hal yang penting, yakni kanal komunikasi dan subtansi. Sehingga pemberitaan Sidang Tahunan M{PR tahun ini lebih bagus daripada tahun yang lalu. Bakohumas harus jadi kanal informasi," katanya.

Menkominfo berharap kementerian/lembaga dapat memberitakan pelaksanan ST MPR 2016 melalui website yang dikelolanya. "Saya minta bantuan agar semua humas kementerian dan lembaga memberitakan acara itu apa dan bagaimana di website atau situsnya masing-masing," katanya.

Pada kesempatan itu, Rudiantara juga agar berharap agar berita yang diberikan humas kementerian/lembaga agar memiliki substansi yang sama, tidak berbeda-beda satu dengan lainnya. "Kita harus menjadi satu kesatuan sebab kita adalah penyelenggara negara," kata Menkominfo.

Menkominfo meminta agar sejumlah videotron dipasang di sepanjang jalan-jalan besar di Jakarta untuk memberitakan pelaksanaan ST MPR. "Kita harus all out dalam kerja sama," ajaknya. "Jangan ego sektoral, kita harus kelihatan unity," katanya.

Sementara itu, Sekretaris Jenedral (Sekjen) MPR RI Maruf Cahyono mengatakan, Forum Tematik Bakohumas MPR ini digelar agar penyelenggaraan ST MPR bisa maksimal, dan bisa diketahui masyarakat luas.

"Untuk itu peran rekan para humas untuk mendayagunakan segala instrumen komunkikasi untuk mempublikasikan sidang tahunan MPR. Terima kasih atas kehadirannya," kata Maruf.

Disampaikan pula acara yang dilakukan itu, juga untuk melaksanakan tugas-tugas MPR yakni melakukan Sosialisasi 4 Pilar.

Editor: Surya