Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Ini Cara Agar Motor Anda Susah Dicuri
Oleh : Redaksi
Sabtu | 06-08-2016 | 12:34 WIB
kunci_ganda.jpg Honda-Batam

Ilustrasi.

BATAMTODAY.COM - Pencurian kendaraan bermotor semakin hari semakin marak. Pabrikan sepeda motor di Indonesia sendiri selalu mencari inovasi dalam hal sistem keamanan produk yang mereka tawarkan.

Memahami itu, para pencuri selalu saja mencari cara lain agar niat buruknya tercapai. Namun, Anda tidak perlu khawatir, banyak cara untuk menyulitkan pencuri agar tidak mudah mengambil sepeda motor kesayangan.

Dari laman Honda Cengkareng, ada tujuh tips menghindari supaya sepeda motor tidak mudah dicuri. Berikut uraiannya;

1. Kunci Stang.
Jika Anda parkir motor di tempat yang tidak dilengkapi dengan kamera pengintai atau petugas keamanan, jangan lupa kunci stang motor Anda. Ini memang sepela, bahkan banyak bikers yang sering melupakannya.

Pada umumnya, pengendara sering mengunci stang menghadap ke sebelah kiri. ternyata, ada hal menarik khusus di motor Honda, yaitu dapat mengunci stang menghadap ke sebelah kanan. Fitur Secure Key Shutter pada motor Honda juga sangat berpengaruh besar untuk mengantisipasi terjadinya kehilangan motor.

2. Manfaatkan Teknologi Side Stand Switch.
Pencuri motor biasa melakukan aksinya dengan memilih motor yang paling cepat dan gampang dicuri. Maka manfaatkan teknologi Side Stand Switch dari Honda, khususnya jenis matik. Untuk menambahkan waktu kerepotan para maling, maka gabungkan Side Stand Switch dengan standar tengah motor.

3. Pasang Pengaman Tambahan.
Dengan menambahkan pengaman tambahan pada motor Anda, seperti gembok, sehingga risiko kehilangan motor bisa ditekan. Hal ini bertujuan untuk membuat kesusahan maling motor yang sudah mengintai dan mengawasi motor Anda.

4. Tempel Stiker atau Tanda "Pengenal".
Ada baiknya motor Anda dipasang stiker pengenal yang berbeda dari motor lainnya. Hal ini untuk memudahkan pencarian. Selain itu, tempelan stiker pengenal ini akan membuat para maling berpikir ulang untuk mencurinya.

5. Pasang Alarm
Berbahagialah bagi Anda yang sudah mempunyai Honda PCX 150, skutik ini memiliki berbagai macam fitur premium yang salah satunya alarm anti maling. Namun, jika bukan pemilik PCX, Anda bisa pasangkan alarm anti maling. Pastikan, perangkat alarm yang dipakai tidak merusak garansi kelistrikan motor.

6. Amati Keadaan
Seorang pencuri akan melakukan pengawasan dan pengamatan terhadap kendaraan bermotor sekaligus pengendaranya. Sebelum Anda meninggalkan motor, lihat dan amati keadaan di sekitar apakah ada hal yang mencurigakan atau tidak.

7. Asuransikan Motor Anda
Untuk asuransi motor ini sebenarnya bukan tips agar motor tidak mudah dicuri akan tetapi bertujuan untuk antisipasi supaya kerugian kehilangan motor dapat tergantikan. Apabila Anda melakukan pembelian secara kredit biasanya sudah termasuk asuransi dari pihak jasa keuangan, berbeda dengan pembelian secara tunai. Pilihlah asuransi yang mudah proses klaimnya serta harganya terjangkau.

Sumber: dapurpacu.com
Editor: Dodo