Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kepri Miliki Sekolah Polisi Negara di Kundur, Karimun
Oleh : Charles Sitompul
Rabu | 03-08-2016 | 09:36 WIB
Tinjau-SPN.jpg Honda-Batam

Gubernur Kepri,Nurdin Basirun beserta para petinggi Polri serta jajaran FKPD meninjau langsung fasilitas SPN (Foto: Charles Sitompul)

BATAMTODAY.COM, Karimun - Senin, 1 Agustus 2016, merupakan hari bersejarah bagi Provinsi Kepulauan Riau (Kepri). Karena hari itu diresmikan Sekolah Polisi Negara (SPN) Kepulauan Riau, yang berlokasi di Kundur, Kabupaten Karimun, tepatnya di Jalan Diponegoro.

Tidak hanya bagi Kepulauan Riau momen bersejarah ini, namun juga bagi Kepolisian Daerah (Polda) Kepri. Karena setelah 10 tahun Polda Kepulauan Riau didirikan (sejak 2006), baru pada hari Senin, 1 Agustus 2016 Sekolah Polisi Negara Kepri diresmikan.

Sekolah Polisi Negara ini nantinya untuk mencetak personil Polri yang unggul, memiliki kepribadian yang baik dan semangat juang yang tinggi yakni mewujudkan personil Polri yang berkualitas dan profesional.

Gubernur Kepulauan Riau, Nurdin Basirun, dalam sambutannya mengatakan cukup senang dan bangga, karena Kepri, atau Karimun khususnya, setelah dengan perjuangan yang cukup panjang yang sangat berarti bagi masyarakat memiliki SPN sendiri.

"Ini seperti sebuah hadiah bagi masyarakat Kundur, Karimun atau Kepri secara umum dengan diresmikannya Sekolah Polisi Negara ini. Tentunya kami atas nama masyarakat sangat mendukung sekolah ini, dan berterima kasih kepada kepolisian atau yang ikut andil manjadikan Sekolah Polisi Negara. Ini adalah momen yang sangat bersejarah bagi Kepri," ujar Nurdin.

Sementara itu, Kapolda Kepri, Brigjen Pol Sambudi Gusdian, mengatakan Daerah Tanjungbatu, Kundur adalah pilihan utama untuk pembangunan SPN ini, dikarenakan telah tersedia bangunan Dit Pol Air Polda Riau sebelumnya yang terbengkalai selama 3 tahun belakangan dan kemudian telah dialihkan menjadi aset milik Polda Kepri.

"Kami menerima aset ini pada 24 November 2014 dari Mabes Polri. Dan kita mengawali renovasinya sejak April 2016 sampai Juli 2016. Ke depannya bangunan ini akan terus direnovasi agar SPN Kepri lebih bagus lagi," ujar Budigusdian.

Kapolda melanjutkan, tahun ini dibuka pendidikan di SPN untuk 200 siswa dan diutamakan Sumber Daya Manusia nya dari Kepulauan Riau. Tanggal 10 Agustus akan diberikan nama angkatan pertama yang dinamai dengan "Angkatan Bayangkara Fisabilillah".

"Dalam setahun akan ada sekitar 36 pelatihan, ditambah pembentukan pelatihan prajabatan, pelatihan pamong praja, pelatihan scuriti dan pelatihan generasi muda. Semuanya dapat dilakukan di Sekolah Polisi Negara Tanjungbatu ini," pungkasnya.

Sedangkan Kepala Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Polri, Komjen.Pol. Safrudin berharap, ke depannya SPN ini benar-benar akan mampu mencetak Polisi yang berkualitas, berdedikasi terhadap bangsa dan negara dan tangguh dalam menjalankan tugas.

"Sekolah Polisi Negara ini dibangun bertujuan agar bisa mencetak personil Polri yang unggul, memiliki kepribadian yang baik dan semangat juang yang tinggi. Yaitu mewujudkan personil Polri yang berkualitas dan profesional," katanya.

Setelah selesai acara peresmian, Gubernur beserta para petinggi Polri serta jajaran FKPD meninjau langsung fasilitas SPN. Diantaranya perumahan Perwira, lapangan olahraga, lapangan tembak, gudang senjata, ruang belajar siswa, kantor penjagaan dan diakhiri dengan foto bersama di depan Sekolah Polisi Negara Kepulauan Riau.

Peresmian SPN ini dihadiri oleh seluruh FKPD Kepri dan Karimun, jajaran pejabat eksekutif dan legislatif Kepri dan Kabupaten Karimun serta para tokoh masyarakat.‎

Editor: Udin