Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

PT AMC di KIB Lobam Mulai Kurangi Karyawan
Oleh : Harjo
Sabtu | 30-07-2016 | 13:02 WIB
hasfarizal-handra-baru.jpg Honda-Batam

Hasfarizal Handra, Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Bintan.

BATAMTODAY.COM, Bintan - Seiring perjalanan Kawasan Industri Bintan (KIB) Lobam, yang semakin mundur, PT Advanced Integrated Manufacturing Corp LTD (AMC) Bintan, sudah melakukan pengurangan belasan karyawannya.

Informasi yang berhasil dihimpun BATAMTODAY.COM, menyebutkan pengurangan karyawan tersebut terkait masalah produksi yang semakin menurun, sehingga dilakukan efesiensi.

Hasfarizal Handra, Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Bintan membenarkan adanya Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) yang dilakukan oleh PT AMC Bintan di Lobam.

"Benar ada pengurangan tenaga kerja yang dilakukan oleh AMC Bintan. Kita sudah menerima laporan rencanan PHK, namun untuk jumlah secara rinci masih menunggu laporan dari manajemen AMC," ungkapnya, Sabtu (30/7/2016).

Hasfarizal menjelaskan, jumlah karyawan yang terkena PHK yang dilakukan AMC jumlahnya sudah mencapai belasan orang. Namun terkait dengan hak dari para karyawan, pihak perusahaan akan memberikannya sesuai dengan peraturan ketenagakerjaan yang berlaku.

"Jumlah karyawan sudah belasan orang, perusahaan siap menyelesaikan seluruh hak karyawan sesuai dengan aturan yang berlaku. Disnaker Bintan masih menunggu informasi lebih lanjut dari pihak perusahaan," tetangnya.

Sementara itu, Mei Rosita Hrd PT AMC Bintan dan Jamin Hidajat selaku Senior Liaison Manager PT BIIE Lobam yang juga ketua Apindo Bintan, yang coba dikonfirmasi terkait hal ini belum memberikan jawaban secara resmi.

Editor: Dodo