Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Piala Dunia 2026 Diikuti 40 Tim
Oleh : Redaksi
Rabu | 27-07-2016 | 08:36 WIB
infantino.jpg Honda-Batam

Presiden FIFA, Gianni Infantino. (Foto: Sportsatu)

BATAMTODAY.COM, Zurich - Presiden FIFA, Gianni Infantino, menyatakan akan mewujudkan rencana untuk menambah jumlah peserta Piala Dunia pada 2026. Infantino berniat mengajukan rencana menambah delapan tim peserta di putaran final Piala Dunia sehingga turnamen sepak bola tertinggi di dunia itu akan diikuti oleh 40 tim.

 

Infantino mengajukan rencana penambahan jumlah peserta dari 32 tim menjadi 40 tim sebelum ia terpilih menjadi Presiden FIFA pada Februari 2016 lalu. Namun, Infantino belum menjabarkan dari konfederasi mana saja yang mendapatkan jatah tambahan peserta dari rencana itu.

Infantino hanya menyinggung bahwa dari delapan tim tambahan, ada dua tambahan tim yang akan datang dari Konfederasi Sepak Bola Afrika (CAF). Saat ini Afrika mendapatkan jatah lima tim di putaran final Piala Dunia, dan dengan penambahan ini Afrika akan punya tujuh wakil yang langsung lolos dari sesi kualifikasi tanpa melalui play-off.

Sayangnya belum ada kejelasan mengenai enam jatah lain dari delapan tambahan tersebut. Namun, sepertinya Asia dan Eropa pasti akan mendapatkan tambahan perwakilan, entah satu atau dua tim.

"Proposal saya menjadi 40 tim dan jika itu terjadi maka proposal saya setidaknya ada dua tambahan tempat untuk tim-tim dari Afrika," ujar Infantino seperti dilansir BBC Sports.

Perubahan itu tidak akan mempengaruhi pelaksanaan Piala Dunia sebelum 2026. Format 32 tim masih akan diberlakukan di Piala Dunia 2018 di Rusia dan 2022 di Qatar.

Sumber: Sportsatu
Editor: Dardani