Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Adipura Buana Diarak Keliling Tanjungpinang
Oleh : Roland Hasudungan Aritonang
Senin | 25-07-2016 | 11:38 WIB
Piala-Adipura-Buana-Tanjungpinang.jpg Honda-Batam

Walikota Tanjungpinang, Lis Darmansyah dan Wakil Walikota Tanjungpinang, Syahrul memegang Piala Adipura Buana (Foto: Roland Hasudungan Aritonang)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Suasana meriah terasa kala penyambutan Piala Adipura Buana yang bertempat di Pelabuhan Sri Bintan Pura. Rombongan Walikota Tanjungpinang disambut oleh Wakil Walikota Tanjungpinang Syahrul, Ketua PKK Hj. Yuniarni Pustokoweni, jajaran kepala SKPD, camat, lurah, ASN, serta pelajar Kota Tanjungpinang, Sabtu (23/07/2016) lalu.

Sebelumnya, penghargaan bergengsi dalam kategori Lingkungan Hidup ini diserahkan langsung oleh Wakil Presiden RI Yusuf Kalla, pada 22 Juli kemarin di Kabupaten Siak, Provinsi Riau. Kota Tanjungpinang meraih Adipura kategori Buana.

Rute arak-arakan dimulai dari Pelabuhan Sri Bintan Pura menuju Terminal Sungai Carang, di sepanjang jalan yang dilalui arakan Adipura, tampak warga masyarakat menyaksikan dengan antusias.

Walikota dan Wakil Walikota Tanjungpinang Foto bersama petugas Kebersihan usai menerima Piala Adipura Buana (Foto: Roland  Hasudungan Aritonang)

"Hari ini kita sedang bergembira, melampiaskan rasa syukur berkat kerja sama semua lapisan masyarakat dan pemerintah. Ini adalah contoh kalau kita bersama pasti bisa. Setelah 2 tahun kita absen dan hanya mendapatkan sertifikat, namun tahun ini kita berhasil memperoleh Piala Adipura," jelas Wakil Walikota Tanjungpinang, Syahrul dalam sambutannya.

Pihaknya katanya lagi, harus menyusun strategi atau kekuatan untuk Tanjungpinang, bukan hanya melayani saja, melainkan sudah menjadi kota yang bersih, kota yang hijau, kota yang nyaman. Tentunya hal itu menjadi tugas semua pihak untuk kembali mempertahankan apa yang sudah diraih.

"Mari terus kita galakkan kebersamaan di dalam membangun Negeri ini. Piala Adipura ini adalah Piala Seluruh Masyarakat Tanjungpinang," imbaunya.

Sementara itu, Walikota Tanjungpinang, Lis Darmansyah, dalam sambutannya menjelaskan bahwa prestasi yang diraih saat ini adalah hasil kerja keras dari seluruh lapisan masyarakat dan Aparatur Silpil Negara (ASN) Pemerintah Kota Tanjungpinang.

ASN yang dimaksud antara lain Camat, Lurah, RT/ RW, Dinas Kebersihan, Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan, BLH, KP2KE dan LSM Peduli Lingkungan. Sebab, tanpa mereka berkomitmen dan bekerja sama, tidak mungkin keberhasilan ini dapat tercapai.

"Yang jelas tahun depan persaingan Adipura semakin berat, karena sistem penilaian yang diterapkan seluruhnya baru. Tanpa keinginan dan semangat, tidak mungkin Tanjungpinang tetap bersih. Adipura yang kita peroleh ini berkat kerja sama bersama dan proses ini tidaklah mudah seperti apa yang orang lihat sekarang. Perolehan Adipura ini bukan motivasi kita menjaga kebersihan Tanjungpinang untuk memperoleh Adipura saja. Kebersihan adalah kewajiban kita berasama, Kebersihan merupakan tanggung jawab kita bersama Pemerintah", terang Lis dalam menyampaikan arahannya.

Acara dilanjutkan dengan penyerahan bonus secara simbolis kepada petugas kebersihan. Informasi yang diterima dari Kepala Dinas Kebersihan, Pertamanan dan Pemakaman, Almazuar amal, besaran bonus yang diterima Rp400.000 tiap orang.

Walikota Tanjungpinang, Lis Darmansyah menyerahan bonus secara simbolis kepada petugas kebersihan sebesar Rp400.000 per orang. (Foto: Roland Hasudungan Aritonang)

Bonus ini merupakan janji Walikota Tanjungpinang, yaitu memberikan apresiasi berupa bonus kepada seluruh petugas kebersihan apabila Kota Tanjungpinang berhasil meraih Adipura.

Editor: Udin