Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

PBB Sebut Surabaya Jadi Kota Inspirasi Dunia
Oleh : Redaksi
Senin | 25-07-2016 | 10:38 WIB
PBB.jpg Honda-Batam

Bendera PBB (Sumber foto: Antara)

BATAMTODAY.COM, Surabaya - Organisasi Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk Permukiman (UN Habitat) menggelar konferensi internasional Preparatory Committee (PrepCom) III di Surabaya, Jawa Timur, mulai Senin 25 Juli 2016. Konferensi sebelumnya, PrepCom I digelar di New York, Amerika Serikat dan PrepCom II di Nairobi, Kenya. Setelah pertemuan Surabaya, UN Habitat akan menggelar konferensi tingkat tinggi di Quito, Ekuador, pada Oktober 2016 mendatang.

"Surabaya dipilih karena merupakan contoh kota yang berhasil melakukan pengembangan perkotaan," kata Direktur Eksekutif UN Habitat, Joan Clos, di Surabaya, Ahad 24 Juli 2016. Menurutnya, dia sudah pernah berkunjung ke Surabaya sebelumnya dan dia mengamati perkembangan pembangunan di kota terbesar kedua di Indonesia ini. "Surabaya menjadi inspirasi kota lain di dunia," kata Clos.

Bersama Menteri Pekerjaan Umum dan Pembangunan Perumahan Basuki Hadimoeljono dan Walikota Surabaya, Tri Rismaharini, Joan Clos menghadiri upacara pengibaran bendera semua negara peserta PrepCom III UN Habitat, sehari sebelum konferensi dibuka.

Upacara ini juga menandai penyerahan pengamanan konferensi dari pemerintah Indonesia pada PBB. Menteri Basoeki Hadimoeljono menjelaskan sampai hari ini, sudah ada 33 negara yang bakal hadir dalam konferensi ini, dan semua diwakili pejabat setingkat menteri. "Total peserta konferensi ini kurang lebih 4.500 orang," katanya.

Expand