Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Diikuti 62 Perguruan Tinggi, KKN Kebangsaan akan Singgahi Lingga
Oleh : Nur Jali
Jum'at | 22-07-2016 | 13:34 WIB

BATAMTODAY.COM, Daiklingga - Peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kebangsaan yang diikuti kurang lebih 62 Perguruan Tinggi se-Indonesia dan Malaysia yang akan digelar pada 23 Juli - 28 Agustus 2016 di Provinsi Kepri, akan menyinggahi Kabupaten Lingga pada tanggal 25 Juli mendatang.

Pelaksana tugas Sekretaris Daerah yang juga Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Lingga Said Parman mengatakan sebagai daerah yang akan dikunjungi para mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia dan negara tetangga Lingga sudah mempersiapkannya jauh-jauh hari.

"Persiapan dari jauh-jauh hari sudah kita siapkan untuk memfasilitasi mereka terutama persiapan yang penting," kata Said Parman kepada BATAMTODAY.COM, Jumat (22/7/2016).

Salah satu persiapan yang sudah di persiapkan antara lain transportasi khususnya angkutan atau mobilitas lain untuk para peserta KKN ini menuju ke beberapa lokasi yang telah ditetapkan. "Sifanya sinergitas saja," kata dia karena semuanya sudah disiapkan juga oleh panitia dari UMRAH, selaku tuan rumah.

Untuk penyambutan pada tanggal 25 Juli nanti akan dilaksanakan di dua tempat yaitu di Kota Timah Dabosingkep dan Daiklingga. "Kedua lokasi itu sudah kita setting," cetusnya.

Untuk pelaksanaan di lapangan nanti, akan dipimpin oleh Asisten III Pemkab Lingga Bidang Administrasi Umum. Pejabat Lingga kemungkinan tidak akan melakukan penyambutan mengingat pada 25 Juli 2016 nanti Bupati, Wakil Bupati dan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) akan mengadakan pertemuan dengan DPRD Provinsi Kepri.

KKN Kebangsaan merupakan kolaborasi dari semua perguruan tinggi di Indonesia. Khusus di Kepri salah satu perguruan tinggi negara jiran Malaysia Universitas Teknologi Malaysia (UTM) juga ikut serta.

KKN Kebangsaan ini pertama kali dilaksanakan pada tahun 2013 di Universitas Hassanudin Makassar, dan setelah itu berlanjut ke beberapa universitas lainnya.

Laman Antara menyebutkan KKN Kebangsaan ini setara dengan mata kuliah di perguruan tinggi yang ada di Indonesia sehingga nilai yang didapat mahasiswa dalam KKN kebangsaan ini di dapat menjadi nilai mata kuliah KKN di perguruan tinggi yang bersangkutan.

Kegiatan ini merupakan perwujudan semangat dalam pengembangan kegiatan KKN dan Kolaborasi antar perguruan tinggi yang ditindak lanjuti dalam satu wadah kegiatan yang bersifat nasional.

Editor: Dodo