Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Inilah Makanan dan Minuman Penyulut Ketagihan Parah
Oleh : Redaksi
Rabu | 20-07-2016 | 13:34 WIB
kentang_goreng.jpg Honda-Batam

Kentang goreng, salah satu jenis makanan yang memicu ketagihan. (Foto: dok.)

BATAMTODAY.COM - Makan lebih banyak dari yang direncanakan? Tidak bisa berhenti? Makin lama butuh makin banyak? Itu tanda-tanda ketagihan. Dan makanan tertentu memang menyulut ketagihan. Ini yang paling parah.

 

Pizza
Pizza yang dilapisi keju dan minyak tampak menarik serta mengundang lapar. Memang pizza enak. Tapi masalahnya, satu potong pizza saja mengandung 300 kalori dan 10 gram lemak. Jika ditambah daging olahan, kalori jadi 360 dan lemak bertambah jadi 20 gram. Pizza adalah makanan yang paling menyebabkan ketagihan menurut studi Universitas Michigan tahun 2015.

Cokelat
Cokelat kerap dianggap sebagai makanan kesenangan saja. Tetapi studi yang diadakan Universitas Drexel menunjukkan, orang mengalami ketagihan coklat dan merasa senang jika memakannya, sama seperti jika orang ketagihan obat terlarang. Patut dicatat, sebatang cokelat, bisa mengandung sekitar 201 kalori, dan 13 gram lemak.

Keripik Kentang (Chips)
Sambil nonton televisi, sambil baca buku atau saat pesta. Chips adalah cemilan yang disukai banyak orang. Menurut riset American Chemical Society pada tikus (2013, hewan itu lebih memilih chips daripada coklat. Penyebabnya bukan karena lapar, tetapi karena ingin merasa "senang". Demikian Dr. Tobias Hoch, Ph.D. Chips sebenarnya penuh lemak. 30 chips mengandung 320 kalori dan 20 gram lemak.

Biskuit
Sebuah studi Connecticut College menemukan, biskuit coklat menimbulkan ketagihan sama pada tikus, seperti halnya kokain. Selain itu, studi mengungkap keterkaitan antara ketagihan manis dan ketagihan obat terlarang. Dari segi nutrisi, empat buah biskuit coklat mengandung 192 kalori dan 10 gram lemak.

Es Krim
Ini juga makanan yang disukai banyak orang. Bisa pakai buah, vanili, coklat, dan dicampur-campur. Bagaimana dengan isinya? Es krim sebenarnya hanya terdiri dari krim dan susu, serta mengandung lemak jenuh dalam jumlah tinggi, yang diyakini tidak menguntungkan kesehatan.

Kentang Goreng (French Fries)
Renyah dan lezat, dan menyebabkan ketagihan. French Fries bisa ditemukan di berbagai restoran cepat saji, seperti McDonald. Tapi makanan ini diduga mengandung substansi berbahaya bagi kesehatan, yaitu acrylamide. Menurut badan urusan makanan dan minuman AS, substansi ini bisa sebabkan kanker. Walaupun riset masih dilanjutkan, pakar nutrisi menganjurkan orang untuk kurangi goreng-gorengan.

Kue
Mengenyangkan dan penuh dilabur coklat, wangi karena vanili atau kuning karena jeruk. Kue bisa dibeli di bakeri atau toko kue biasa dan penggemarnya banyak. Tapi secara umum, kue mengandung gula olahan dan lemak yang tidak baik bagi kesehatan jika dikonsumsi terlalu banyak. Sepotong kue dengan lapisan coklat bisa mengandung 506 kalori dan 22 gram lemak.

Minuman Soda
Menikmati minuman bersoda tentu enak, apalagi di saat udara panas. Tapi minuman ini, apapun mereknya, sering mengandung gula dalam jumlah tinggi. Selain itu, minuman ini juga sudah beberapa kali dikaitkan dengan obesitas, darah tinggi dan kanker. Jadi walaupun suhu tambah tinggi, lebih baik tetap minum air.

Sumber: Deutsche Welle
Editor: Dodo