Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Jalan Dramatis Portugal ke Semifinal
Oleh : Redaksi
Jum'at | 01-07-2016 | 08:24 WIB
portugallolos.png Honda-Batam

Para pemain Portugal meluapkan kegembiraan menang adu pinalti lawan Polandia. (Foto: Sportsatu)

BATAMTODAY.COM, Marseille - Portugal berhasil melangkah ke semifinal usai menang dramatis melalui adu penalti, 5-3, kontra Polandia, Jumat (1/7/2016) dini hari WIB. Cristiano Ronaldo dkk, akan berhadapan dengan pemenang antara laga Wales kontra Belgia di semifinal.

 

Pada babak pertama Polandia berhasil unggul cepat melalui gol yang dicetak oleh Robert Lewandowski. Sayangnya, tim asuhan Adam Nawalka tak mampu mempertahankan keunggulan tersebut setelah Portugal mencetak gol balasan melalui gol yang dicetak oleh Renato Sanches.

Kedua tim bermain terbuka dan saling melancarkan serangan ke pertahanan masing-masing. Tapi, keduanya sama-sama kesulitan dalam penyelesaian akhir, sehingga beberapa peluang yang tercipta tak mampu diubah menjadi gol. Kedudukan imbang, 1-1, menutup jalannya pertandingan selama 90 menit.

Pada babak pertama perpanjangan waktu, tidak ada serangan yang sangat membahayakan gawang lawan masing-masing. Terdapat peluang bagus yang diraih oleh Polandia melalui Arkadiusz Milik, tapi sepakannya masih belum tepat ke sasaran.

Hal yang tidak jauh berbeda juga terjadi di babak kedua perpanjangan waktu. Baik Polandia maupun Portugal berusaha keras untuk mencetak gol. Secara bergiliran kedua tim melancarkan serangan ke pertahanan masing-masing lawan.

Pertandingan sempat terhenti setelah satu suporter menerobos masuk ke lapangan dan terlihat mencoba untuk menghampiri Ronaldo. Wasit kembali meneruskan laga setelah suporter tersebut berhasil dikeluarkan dari lapangan oleh para petugas keamanan stadion.

Tidak ada gol tercipta di dua babak perpanjangan waktu dan kedudukan 1-1 bertahan hingga 120 menit. Adu penalti menjadi penentuan tim mana yang berhak melaju ke semifinal.

Kapten dari kedua tim menjadi penendang pertama pada babak adu penalti. Ronaldo yang jadi eksekutor pertama berhasil menyelesaikan tugasnya dengan baik, adapun Lewandowski juga berhasil mencetak gol.

Penendang kedua dan ketiga Portugal, Renato Sanches dan Joao Moutinho, berhasil menceploskan bola ke gawang dari titik putih. Begitu juga dengan penendang kedua dan ketiga Polandia, Arkadiusz Milik dan Kamil Glik. Luis Nani yang jadi penendang keempat Portugal berhasil menyelesaikan tugasnya dengan baik.

Sayangnya, penendang keempat Polandia, Jakub Balszczkowski, gagal mencetak gol setelah sepakannya masih bisa dibaca oleh Rui Patricio. Ricardo Quaresma yang jadi penentu akhirnya menyudahi drama adu penalti dengan hasil 5-3 untuk kemenangan Portugal.

Dengan hasil itu, Ronaldo dkk. berhak melangkah ke semifinal dan akan berhadapan dengan pemenang laga antara Wales vs Belgia.

Sumber: Sportsatu
Editor: Dardani