Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Gegara Nyontek Ujian, Dibui Dua Minggu
Oleh : Redaksi
Selasa | 28-06-2016 | 09:50 WIB
nyontekbypti.jpg Honda-Batam

Inilah Ruby Rai, yang tahun lalu berada di peringkat pertama hasil ujian.(Foto: BBC)

BATAMTODAY.COM, Bihar - Seorang siswa di India dijatuhi hukuman penjara dua minggu karena terbukti menyontek setelah gagal dalam ujian ulangan.

 

Ruby Rai menduduki peringkat pertama dalam ujian akhir sekolah menengah di negara bagian Bihar namun dalam sebuah rekaman wawancara dia mengatakan bahwa ilmu politik adalah tentang masak memasak.

Setelah video tersebut beredar meluas di internet, remaja perempuan berusia 17 tahun itu -bersama beberapa murid lain yang nilainya bagus- diharuskan untuk mengikuti ujian ulangan dan ditangkap setelah hasilnya tidak cukup untuk bisa lulus.

Negara bagian Bihar menjadi perhatian dunia setelah beredarnya foto orang tua membantu anaknya saat ujian. Sementara hasil ujian awalnya -dengan nilai terbaik di negara bagian tersebut- dibatalkan. Rai dibawa ke pengadilan Minggu (26/06) dan hakim mengirimnya ke penjara hingga tanggal 8 Juli mendatang.

Keputusan untuk menghukum Rai ke penjara dikritik berbagai pihak karena dia masih tergolong di bawah umur dan seharusnya dikirim ke rumah tahanan khusus untuk anak.

Namun seorang perwira polisi, Manu Maharaj, mengatakan kepada surat kabar The Hindu, bahwa Rai harus membuktikan dirinya sebagai anak di bawah umur.

Sumber: BBC Indonesia
Editor: Dardani