Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pemerintah Diminta Alirkan Listrik untuk Maksimalkan Layanan SPAM
Oleh : Harjo
Senin | 20-06-2016 | 14:34 WIB
Air-PDAM.jpg Honda-Batam

Ilustrasi.

BATAMTODAY.COM, Tanjunguban - Pelayanan Sistem Pengelolaan Ari Minum (SPAM) di Seilepan, Kecamatan Bintan Utara dikelola oleh Kecamatan Serikuala Lobam melalui pihak ketiga.  Pengelolaan tersebut bertujuan untuk memberikan pelayanan guna memenuhi kebutuhan air  bagi masyarakat.

Ruslan Siregar salah seorang pengurus SPAM yang berkantor di Kantor Camat Serikuala Lobam, menjelaskan, sebelumnya pelayanan SPAM memang tidak bisa maksimal karena mengalami gangguan teknis. Namun sejak beberapa hari lalu, pelayanan sudah berjalan normal.

"Kalau untuk suplai air kepada pelanggan pasca-adanya kerusakan, sudah kembali berjalan. Namun yang masih sering mengalami kerusakan adalah mesin genset yang terletak di pusat waduk Seijeram," ungkap Ruslan, Senin (20/6/2016).

Ruslan menyampaikan penggunaan mesin genset untuk menyedot air sudah sejak sekitar empat tahun lalu di usulkan kepada Pemkab Bintan. Namun sampai saat ini, belum ada realisasinya, walau pun pihal dinas terkait sudah melakukan kroscek ke lapangan.

"Kita harapkan agar Pemkab Bintan, bisa memberikan bantuan untuk mengalirkan listrik ke lokasi Waduk. Mengingat genset yang ada sudah sering mengalami kerusakan. Menyebabkan penyaluran air sering tidak lancar dan operasional pengelola pun semakin tinggi," katanya.

Susanti, warga Teluklobam, menyampaikan sudah seharusnya pihak SPAM memberikan pelayanan yang maksimal mengingat harga pengelola SPAM baru saja menaikkan harga air kepada konsumennnya.

"Sejak dua bulan lalu, harga air di Lobam sudah lebih tinggi dari PDAM Tanjunguban. Masyarakat tidak keberatan, kalau kenaikannya diimbangi dengan pelayanan yang maksimal, bukan sebaliknya. Jangan sampai semakin naik harga air SPAM per kubiknya, pelayanan semakin buruk, dan dari harapan," imbuhnya.

Editor: Dodo