Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Bertekat Raih Adipura

Pemkab Bintan Ajak Warga Dukung Program Pengelolaan Lingkungan Hidup
Oleh : Charles Sitompul
Senin | 20-06-2016 | 13:53 WIB
Pengelolaan-adipura.jpg Honda-Batam

Bupati Bintan H.Apri Sujadi,S.Sos memimpin presentasi beberapa program-program terkait penilaian Adipura, Jumat pagi (17/6/2016) di Ruang Tambora The Sultan Semanggi Jakarta. (Foto: istimewa)

BATAMTODAY.COM, Bintan - Pemerintah Kabupaten Bintan tetap optimis untuk dapat mempertahankan anugerah Adipura yg telah diperoleh pada tahun lalu dan untuk persiapannya telah dilakukan evaluasi dan perbaikan terhadap pelaksanaan program dari tahun sebelumnya.

Beberapa persiapan pembenahan infrastruktur penunjang melalui program-program pembangunan telah dirancang guna memaksimalkan hal-hal yang membutuhkan penyempurnaan. Bupati Bintan H.Apri Sujadi,S.Sos memimpin presentasi beberapa program-program terkait penilaian Adipura, Jumat pagi (17/6/2016) di Ruang Tambora The Sultan Semanggi Jakarta.

Di depan Dewan Pertimbangan Adipura yang terdiri dari Dr. Nabiel Makarim MPA, MPU, Dr Rahmat Witoelar, Ir Tuti Hendrawati MPPM, Prof Dr Rumawan Salain, M.Si, Dr Connie Rahakundini, Prof Dr Ir Enri Damanhuri, Ir Sri Bebas dari, M.Si, Ir Hanni Adiati, M.Si, Ir. Guntur Sitorus,MT dan Tim Konsultan Mark Plus, Bupati Bintan mempresentasikan beberapa Tahapan Program Adipura kedepan, hal ini merupakan penilaian terakhir dari penilaian Anugerah Adipura.

Untuk diketahui bahwa, Anugerah Adipura tahun 2016 ini Kabupaten Bintan telah melalui proses penilaian pantau Adipura pada bulan Maret 2016 oleh Pusat Pengendalian Pembangunan Ekoregion Sumatera KLHK RI, juga telah melalui tahapan penilaian verifikasi Adipura dan wawancara Adipura pada bulan April 2016 oleh Tim Independen LSM dan KLHK RI.

Dalam presentasinya Bupati Bintan Apri Sujadi didampingi oleh jajaran DKPP Bintan, Bapedda, Disparbud, BLH Bintan, dan Camat Bintan Timur menyampaikan komitmennya bahwa akan tetap memprioritaskan pengelolaan lingkungan hidup yang berkelanjutan, hal ini dibuktikan melalui pelaksanaan visi misi dan RPJMD Kabupaten Bintan yg salah satu misinya yaitu peningkatan kualitas lingkungan hidup menuju pembangunan yang berkelanjutan.

Lebih lanjut Bupati Bintan juga menyampaikan bahwa Bintan merupakan daerah pariwisata yg merupakan daerah destinasi wisman no 4 di Indonesia. Dimana sektor pariwisata merupakan penyumbang terbanyak terbesar PAD Kab Bintan Lk 60 persen PAD disumbangkan oleh sektor pariwisata. Pariwisata identik dengan pengelolaan lingkungan yang baik dan berkelanjutan. Dimana kebersihan, ruang terbuka hijau dan kelestarian lingkungan merupakan hal yg mutlak yg harus dimiliki oleh Kabupaten Bintan sebagai daerah pariwisata.

"Pemerintah tetap memprioritaskan pembangunan yang berdasarkan pengelolaan lingkungan hidup dan ini sejalan dengan program Adipura. Evaluasi program akan tetap kita lakukan dan melihat pemanfaatannya bagi masyarakat dari tahun ke tahun. Pengelolaan lingkungan, Ruang terbuka hijau, kelestarian lingkungan merupakan suatu hal yang wajib dimiliki Kabupaten Bintan, namun hal yang paling penting adalah dukungan masyarakat untuk menjaga , melestarikan serta mendukung program pengelolaan hidup pemerintah," ujar Apri.

Sementara itu, Kepala BLH Kabupaten Bintan Panca Azdigoena mengatakan bahwa peluang mendapatkan kembali Anugerah Adipura tetap terbuka lebar. Dan Pemerintah Kabupaten Bintan tetap optimis, untuk meraih dan mempertahankan anugerah Adipura yg telah diperoleh pada tahun lalu dan untuk persiapannya telah dilakukan beberapa evaluasi dan perbaikan terhadap pelaksanaan program dari tahun sebelumnya. Ditambahkannya, bahwa secara garis besar penilaian Adipura tahun ini meliputi pengelolaan persampahan, pengelolaan Ruang Terbuka Hijau dan pengelolaan lingkungan hidup yang berkelanjutan menuju sustainable city.

"Pelaksanaan presentasi Bupati/ Walikota adalah untuk Kabupaten/kota yg telah masuk nominasi Anugerah Adipura 2016. Sedangkan untuk penyerahan anugerah Adipura 2016 direncanakan akan dilaksanakan pada tanggal 23 Juli 2016 di Siak Sri Indrapura Riau yang akan diserahkan lansung oleh Presiden Jokowi disejalankan dengan peresmian Taman Nasional Zamrud. Untuk itu, Pemerintah Kabupaten Bintan juga memohon doa restu dari seluruh masyarakat Bintan dan seluruh stakeholder agar nanti dapat meraih kembali anugerah yang menjadi kebanggaan masyarakat Kabupaten Bintan ,” tutupnya.

Editor: Dodo