Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Layanan Penukaran Pecahan Rupiah BI Kepri Sepi Peminat
Oleh : Hadli
Sabtu | 18-06-2016 | 14:49 WIB
uangpecah.jpg Honda-Batam

Uang pecahan rupiah. (Foto: Ist)

BATAMTODAY.COM, Batam - Layanan penukarkan uang pecahan rupiah yang dibuka oleh Bank Indonesia (BI) Kepri, hari pertama, Sabtu (18/6/2016) sepi peminat. 

 

Bekerja sama dengan delapan bank swasta, kas kecil bank swasta atau umum, melayani penukaran uang kecil tanpa biaya dilakukan BI di Pasar Botania dan Legenda Malaka, Batam Centre sejak pukul 09.00 WIB.

Manager Unit Oprasional Chas Bank Indonesia, Djainul Arifin mengatakan, kegiatan ini merupakan wujud kepedulian perbankan untuk melayani masyarakat, khusunya di Kota Batam.

"Program ini bentuk kepedulian kita untuk memudahkan masyarakat memenuhi kebutuhan menjelang lebaran," kata Arifin.

Selain membantu masyarakat, tambahnya program ini juga bertujuan untuk menghindari adanya uang palsu (upal) yang beredar.

Delapan bank yang membuka kas kecil dengan menerjunkan mobil layanan dipecah menjadi dua wilayah Batam Center. Empat mobil kas kecil ditempatkan di pasar Botania dan sisanya berada di Legenda Malaka Batam.

Keseluruhan uang yang tersedia berjumlah Rp2 miliar terdiri dari pecahan Rp2 ribu, Rp5 ribu, Rp10 ribu dan Rp20 ribu.

"Sudah ada sekitar 200 orang yang melakukan penukaran. Rencananya tanggal 25 juni kita akan buka lagi di tempat lain," pangkasnya.

Untuk mengatasi pembeludakan masyarakat yang menukarkan uangnya, BI menyediakan kertas antrian. Namun karena antusias masyarakat saat ini masih kurang menukarkan uangnya antria pun tidak terjadi.

Editor: Dardani