Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Cuaca Buruk, Pelayaran Batam-Tanjungpinang Sempat Ditutup
Oleh : Hadli
Sabtu | 11-06-2016 | 17:54 WIB
Pelabuhan-Telagapunggur.jpg Honda-Batam

Pelabuhan Domestik Telagapunggur, Batam (Sumber foto: beritatrans.com)

BATAMTODAY.COM, Batam - Palabuhan Telaga Punggur ditutup sementara waktu, akibat akibat cuaca buruk yang terjadi seharian di wilayah Batam dan Tanjungpinang.

Penutupan dilakukan sekitar 30 menit oleh Syahbandar Pelabuhan Umum Telaga Punggur Kota Batam pada Sabtu (10/6/2016) siang.

"Tadi sekitar pukul 12.00 WIB sampai 12.30 WIB hujan sangat deras, terpaksa ditutup sementara waktu," kata Syahbanadar Pelabuhan Umum Telaga Punggur Batam, Erwin Sjafrizal.

Penghentian pelayaran pada siang itu lantaran jarak padang di bawah 0,5 mil laut. Dari penutupan itu, setidaknya ada tiga pelayaran dari Pelabuhan Telaga Punggur Batam menuju Kota Tanjungpinang yang harus tertunda.

"Kami mengutamakan keselamatan, karena kondisi memang sedang tidak memungkinkan," kata dia.

Aktivitas pelayaran melalui pelabuhan Telagapunggur terbilang padat, setiap 15 menit kapal melayani penyeberangan ke Tanjungpinang, Tanjunguban Pulau Bintan termasuk Dabo Kabupaten Lingga dengan beragam jarak tempuh.

Saat ini tambahnya, semua pelayaran sudah normal kembali, jarak pandang sudah membaik dan aman bagi pelayaran.

"Meskipun sudah kembali diizinkan berlayar, namun kami imbau semua nakhoda berhati-hati selama pelayaran," kata dia.

Sementara itu, Kepala Bagian Umum Bandara Internasional Hang Nadim Batam, Suwarso, mengatakan cuaca buruk yang terjadi sepanjang Sabtu belum mengganggu penerbangan.

"Semua masih aman. Penerbangan masih normal. Rata-rata jarak pandang sekitar bandara masih empat kilometer," kata dia.

Sedangkan pihak BMKG Hang Nadim Batam dalam rilisnya masih memperingatkan kemungkinan cuaca buruk dan gelombang tinggi pada perairan Kepri masih terjadi yang bisa mengganggu pelayaran.

Editor: Udin