Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Rusia Hentikan Sementara Operasi Sukhoi-27
Oleh : Redaksi
Jum'at | 10-06-2016 | 10:02 WIB
sukhoirussiabyreuters.jpg Honda-Batam

Rusia ditaksir memiliki lebih dari 300 pesawat Sukhoi-27 seperti yang mendarat di pangkalan Kubinka ini. (Foto: Reuters)

BATAMTODAY.COM, Moskwo - Angkatan Udara Rusia menghentikan pengoperasian armada pesawat tempur Sukhoi-27 setelah salah satu pesawat itu jatuh di dekat Moskow, Kamis 9 Juni 2016.

 

Kepala Staf Angkatan Udara, Viktor Bondarev, memerintahkan pengentian pengoperasian sementara Sukhoi-27 sampai penyebab pesawat jatuh diketahui secara pasti.

Pesawat tempur itu adalah bagian dari tim akrobatik yang dikenal dengan nama Ksatria Rusia. Pesawat jatuh ketika terbang kembali ke markas dari acara peresmian monumen bagi para penerbang Rusia.

Laporan-laporan awal menyebutkan pesawat jatuh karena terjadi kesalahan teknis. Menurut Kementerian Pertahanan, pilot meninggal dunia dalam peristiwa itu. Dijelaskan bahwa pilot tidak mempunyai waktu untuk ke luar dari pesawat dengan kursi pelontar ketika berusaha mengarahkan pesawat ke lokasi yang tidak padat penduduk.

Tim penyelidik sudah diterjunkan untuk menyelidiki penyebab jatuhnya pesawat yang terjadi di Desa Muranovo, Distrik Pushkinsky.

Rusia diyakini memiliki lebih dari 300 pesawat tempur Sukhoi-27 yang masih dioperasikan. (Sumber: BBC Indonesia)

Editor: Dardani