Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Masih Ada Jajanan Pasar di Lingga Diproduksi Tak Higienis
Oleh : Nur Jali
Kamis | 09-06-2016 | 14:10 WIB
sidak-makanan-lingga.jpg Honda-Batam

Tim Dinkes Lingga saat sidak di Pasar Dabosingkep. (Foto: Jali)

BATAMTODAY.COM, Dabosingkep - Dinas Kesehatan Kabupaten Lingga menemukan makanan yang dibuat secara tak higienis. Hal ini ditemukan saat Dinkes Lingga menggelar inspeksi mendadak ke sejumlah pasar dan tempat-tempat penjualan makanan selama bulan Ramadan.

Kasi Penyehatan Lingkungan Dinas Kesehatan Kabupaten Lingga, Sri Dewi mengatakan, hasil dari sidak yang dilakukan tim dari Dinas Kesehatan ini, masih menemukan beberapa menu berbuka yang dibuat dengan cara tidak higienis, dan hal tersebut kini jadi pemantauan pihak Dinas Kesehatan Kabupaten Lingga.

"Sampelnya sudah kita bawa, yang baru kita temukan saat kita cek tadi, ada makanan yang dibuat dengan tidak higienis, sampelnya sudah kita bawa," kata Sri Dewi saat melakukan sidak di Pasar Sayur Dabosingkep, Kamis (9/6/2016).

Sementara untuk makanan yang mengandung pengawet seperti formalin tidak lagi ditemukan. "Tapi kita imbau masyarakat yang ingin membeli makan seperti cincau agar memperhatikan label dari Dinas Kesehatan Kabupaten Lingga bebas formalin, kalau yang tidak ada labelnya sebaiknya diteliti dulu," jelasnya.

Sidak ini akan dilakukan secara rutin selama bulan Ramadan, hal ini bertujuan agar masyarakat dapat menjalankan ibadah puasa dengan nyaman dan mengonsumsi makanan yang terjamin mutunya.

Editor: Dodo