Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

133 Warga Terima Kompensasi Interkoneksi Listrik Batam-Bintan
Oleh : Harjo
Rabu | 08-06-2016 | 10:56 WIB
kompensasi-interkoneksi.jpg Honda-Batam

Winarni salah seorang warga Teluksebong yang menerima uang kompensasi interkoneksi llistrik Batam Bintan. (Foto: harjo)

BATAMTODAY.COM, Bintan - Sebanyak 133 warga pemilik lahan di bawah kabel interkoneksi listrik Batam-Bintan, menerima dana kompensasi dari pihak PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) Unit Induk Pembangunan (UIP) II Medan, di dua lokasi, yakni di Kantor Camat Teluk Sebong dan Kantor Camat Bintan Utara.

Site Representative UIP II Medan, Khairizal, mengatakan, 133 warga yang menerima kompensasi tersebut terdiri dari yang ada di dua kecamatan yakni 78 warga Kecamatan Bintan Utara dan 55 warga Kecamatan Teluk Sebong.

"Pemberian uang kompensasi untuk warga dari 212 warga, saat ini kita sudah bisa memberikan kepada 133 warga. Selebihnya secepat mungkin akan dilaksanakan," ungkap Khairizal di Aula Kantor Camat Teluk Sebong, Selasa (7/6/2016).

Apalagi, target yang dicanangkan untuk merampungkan pemasangan kabel serta pendirian tower ditargetkan pada akhir bulan Juli sudah kelar. Untuk itu kata Khairizal, pihaknya selalu menggesa setiap progres dari mulai tahap pembebasan lahan tapak tower hingga pemberian dana kompensasi kepada warga yang lahan maupun bangunannya dilintasi kabel 150 Kilovolt (Kv) nanti.

"Sampai saat ini lancar. Tidak ada hambatan berarti yang mengganggu progres kerja untuk merampungkan pembangunan jaringan interkoneksi," tuturnya.

Selain lahan, bangunan, yang dikompensasi untuk jenis tanaman kata Khairizal, merupakan tanaman keras yang memiliki ketinggian lebih dari 5 meter. Hal ini dilakukan karena ketinggian tanaman keras tersebut dapat menganggu kabel interkoneksi.

Dengan adanya pemberian kompensasi dari pihak PT PLN, warga merasa senang dan tak mempermasalahkan besar kecilnya uang yang diterima.

Menurut Winarni salah seorang warga yang menerima uang kompensasi dirinya secara pribadi mendukung setiap program yang dicanangkan pemerintah. Karena sejatinya, program yang dilakukan pemerintah merupakan wujud kepedulian pemerintah untuk masyarakatnya.

"Intinya saya mendukung sekali program pemerintah, apalagi ini soal kelistrikan yang dibutuhkan masyarakat banyak. Jadi saya tidak mempermasalahkan besar kecil yang saya terima, tapi dengan begini kita sudah mendukung apa yang dicanangkan pemerintah untuk masyarakat," tuturnya.

Sementara itu, Camat Teluk Sebong Bambang Sugianto mengucapkan terima kasih kepada seluruh warganya yang sudah mendukung rencana pembangunan jaringan interkoneksi Babin. Karena tanpa dukungan masyarakat, kata Bambang, setiap wacana yang dicanangkan oleh pemerintah akan sulit teralisasi.

"Alhamdullillah sampai hari ini, warga bisa menerima dana kompensasi dari PLN, saya mengucapkan terima kasih kepada warga yang sudah respek terhadap pembangunan jaringan interkoneksi," ungkapnya

Editor: Dodo