Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Cara Jalanmu, Cermin Kepribadianmu
Oleh : Redaksi
Rabu | 08-06-2016 | 08:00 WIB
carajalanbybbc.jpg Honda-Batam

Dari cara jalan dapat diketahi kepribadian seseorang. (Foto: BBC)

KALAU Anda melihat seorang pria masuk ke bar dengan jalan bergaya angkuh ala John Wayne, mungkin Anda beranggapan dia adalah pria percaya diri yang tangguh.

 

Atau bisa jadi Anda berpikir kurang sopan tentang dia. Apapun, Anda mungkin akan sulit untuk tidak mengambil kesimpulan tentang pribadinya berdasarkan cara jalannya.

Para psikolog sudah melakukan studi tentang hal ini selama sekitar tiga perempat abad dan temuan mereka adalah sebagian besar orang cenderung memiliki penafsiran yang sama atas kepribadian orang berdasarkan caranya berjalan.

Setelah menyaksikan koboi tadi masuk ke dalam bar, kemungkinannya adalah Anda dan saya sepakat dengan kepribadiannya.
Tapi seberapa akurat asumsi itu? Dan karakterisitk apa lagi yang bisa Anda dapatkan dari cara Anda berjalan? Yang mengerikan, orang terbaik untuk ditanyai soal ini mungkin seorang psikopat.

Salah satu penelitian awal diterbikan pada tahun 1935 oleh psikolog Jerman, Werner Wolfff. Dia membuat film tentang lima pria dan tiga perempuan, yang tidak mengetahui bahwa mereka sedang direkam. Mereka diminta untuk main lempar cincin dengan menggunakan seragam kerja (untuk menyembunyikan kepribadian mereka).

Belakangan para peserta diajak menonton film tersebut, yang sudah diedit untuk menyembunyikan bagian kepala, dan mereka memberi penafsiran semata-mata berdasarkan gaya berjalan.

Penelitian juga menemukan beberapa rincian yang aneh. Namun yang paling penting adalah para peserta mendapatkan kesan atas satu sama lainnya berdasarkan gaya jalan dan banyak kesepakatan dalam penilaian mereka.

Tentu saja, dengan sampel yang kecil dan kemungkinan peserta mendapatkan petunjuk lain dari gaya berjalan, ada masalah dengan riset awal ini (para peserta juga mengetahui satu sama lain walau mereka tidak mengenali dengan baik siapa yang ada dalam video tersebut).

Expand