Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Bahkan Akun Medsos Mark Zuckerberg pun Diretas
Oleh : Redaksi
Selasa | 07-06-2016 | 09:14 WIB
zuckerbergbyepa.jpg Honda-Batam

Bos Facebook, Mark Zuckerberg. (Foto: Epa)

BATAMTODAY.COM, Washington DC - Bos Facebook, Mark Zuckerberg, bisa saja menguasai dan menangani situs jejaring sosial terbesar di dunia, tetapi Mark Zuckerberg sekali pun tidak kebal terhadap peretasan.

 

Akun milik pendiri Facebook di beberapa jejaring sosial seperti Instagram, Twitter, LinkedIn dan Pinterest tampaknya telah diterabas beberapa saat pada hari Minggu (5/6/2016).

Sebuah kelompok peretas yang disebut Ourmine, yang memiliki lebih dari 40.000 pengikut Twitter, mengaku sebagai pelakunya.
Kelompok ini sesumbar tentang dugaan peretasan itu dalam cuitan mereka dan mengundang Zuckerberg untuk menghubungi mereka.

"Hei @finkd (akun Zuckerberg) kami mendapat akses ke Twitter & Instagram & Pinterest Anda, kami sekadar menguji keamanan (akun) Anda, silakan dm (direct mesagge, layanan kirim pesan pribadi Twitter) kami."

Akun Twitter itu kemudian menghapus cuitan yang dianggap bermasalah itu. Zuckerbrg belum pernah lagi mengirim cuitan sejak tahun 2012.

Seorang ahli pengembang program, Ben Hall mencuitkan gambar halaman Pinterest Zuckerberg yang diretas:

Beberapa laporan menyiratkan, peretasan kali ini bisa jadi buah atau tindak lanjut dari peretasan tahun 2012 terhadap LinkedIn.
Bulan lalu dilaporkan bahwa 117 juta kombinasi nama pengguna dan kata kunci -password- LinkedIn yang dicuri empat tahun lalu, dijual di web gelap seharga 5 Bitcoin - bernilai sekitar US$2.300 (Rp30 juta).

Password itu dikodekan, tetapi dalam bentuk yang tampaknya relatif mudah diuraikan. Masih belum mungkin untuk memverifikasi apakah akun Zuckerberg di Instagram- juga dimiliki oleh Facebook - telah diretas.

Akun Instagram Zuckerberg yang sejauh ini baru digunakan memposting 30 gambar, memiliki lebih dari 600.000 pengikut. (Sumber: BBC Indonesia)

Editor: Dardani