Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pemakaman Muhammad Ali untuk Semua Agama
Oleh : Redaksi
Senin | 06-06-2016 | 08:36 WIB
muhammadalibyap.jpg Honda-Batam

Ali sempat mengucapkan selamat tinggal kepad anak-anak dan isterinya yang berada di sampinya di saat-saat terakhir. (Foto: AP)

BATAMTODAY.COM, Kentucky - Prosesi jenazah dan pemakaman Muhammad Ali akan dilangsungkan dalam sebuah upacara besar antar iman, namun dalam tradisi Islam, hari Jumat (10/6/2016) mendatang.

 

Hal ini dimaksudkan untuk "memungkinkan siapapun dari seluruh dunia untuk mengucapkan selamat tinggal," papar pernyataan keluarganya.

Upacara utama penghormatan jenazah akan digelar pada pukul 14:00 waktu setempat (24:00 WIB) di KFC Yum Center, yang berkapasitas lebih dari 20.000 orang.

Ia akan dimakamkan di Pemakaman Cave Hill di kota kelahirannya tahun 1942 di Louisville, Kentucky. Mantan Presiden Bill Clinton akan menyampaikan pidato penguburan.

Juara dunia kelas berat tiga kali, dan salah satu tokoh olah raga terbesar di dunia, meninggal dunia di Phoenix, Arizona, dan jenazahnya akan diterbangkan ke Kentucky dalam dua hari ke depan.

Muhammad Ali "merupakan seorang warga dunia dan mendiang ingin orang-orang dari semua lapisan masyarakat dapat menghadiri pemakamannya," kata juru bicara keluarga, Bob Gunnell.

"Dan upacara pelepasannya akan mencerminkan pengabdiannya kepada umat manusia dari semua ras, agama dan latar belakang." Baca: Muhammad Ali Berpulang, Dua Petinju Asia Ini Merasa Kehilangan

Seorang putri Ali, Hana Ali: "Hati kami sungguh terluka. Tetapi Ayah sudah terbebas sekarang. Kami berupaya keras untuk tetap tegar, dan berbisik di telinganya: Engkau bisa pergi sekarang. Kami akan baik-baik saja. Kami mencintaimu. Terima kasih. (Sumber: BBC Indonesia)

Editor: Dardani