Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pemantauan Hilal di 30 Titik, salah satunya di Sumatera

Sore ini, Kemenag Gelar Sidang Isbat Tentukan Awal Ramadhan
Oleh : Irawan
Minggu | 05-06-2016 | 09:00 WIB
menag-lukman-hakim.jpg Honda-Batam

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Kementerian Agama (Kemenag) akan menggelar sidang isbat penentuan awal Ramadhan pada Minggu (5/6/2016) sebagai pertanda dimulainya umat Islama menjalankan ibadah puasa.

 

Sidang isbat untuk menentukan awal Ramdahan ini agar digelar pukul 17.00 WIB. Seperti pada tahun-tahun sebelumnya, sidang isbat tahun ini juga akan digelar tertutup.

Sidang itu akan digelar di Gedung Kementerian Agama Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat. Sidang diawali dengan pemaparan hasil penglihatan posisi hilal dari seluruh wilayah Indonesia dan seluruh dunia.

Sidang diawali pemaparan terkait dengan posisi hilal, menjelang masuknya waktu Maghrib. Hilal tidak hanya dilihat dari seluruh wilayah Tanah Air, melainkan dari seluruh dunia.

"Diawali dengan mendengarkan laporan dari sejumlah petugas Kemenag yang ditugaskan di titik-titik tertentu untuk melihat hilal apakah ada yang melihat atau tidakInsya Allah sidang isbat besok akan kita selenggarakan, Minggu sore," kata Lukman Hakim Saifuddin, Menteri Agama di Rumah Dinas Kompleks Menteri Widya Chandra III, Jakarta, Sabtu (4/6/2016) petang.

Sidang isbat setelah salat Maghrib akan diawali dengan laporan dari sejumlah petugas Kementerian Agama yang ditugaskan di beberapa titik tertentu untuk melihat hilal.

"Dari situ lalu baru lah para peserta sidang isbat memusyawarahkan dan pada akhirnya memutuskan kapan satu Ramadhan," katanya.

Seperti di tahun-tahun sebelumnya, kata Lukman, sidang isbat akan dihadiri para ormas-ormas keagamaan, para ulama, tokoh-tokoh Islam, perwakilan negara-negara sahabat, akademisi, astronomi, para ahli ilmu falaq dan pihak-pihak terkait lainnya. "Semua ormas-ormas Islam kita undang seluruhnya," ujarnya.

Adapun 30 titik tertentu yang dipilih untuk melihatnya hilal, di antaranya Jakarta, Sumatera, Ujung Barat Indonesia, Aceh, Pulau Jawa, Kalimantan, Sulawesi, dan Papua. "Di Jakarta itu di Tanjung Priok biasanya," katanya.

Menurut perhitungan hisab, Lukman memaparkan, satu Ramadan jatuh pada Senin (6/6/2016) besok. Namun, pemerintah selalu memiliki tradisi bahwa hasil perhitungan hisab harus dikonfirmasi kembali melalui rukyat melihat hilal.

"Supaya kedua metode ini kita lakukan bersama-sama untuk saling melengkapi dan menyempurnakan," kata Menteri Agama ini.

Editor: Surya