Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

BMW Ciptakan Helm Pintar yang Bisa Panggil Ambulans
Oleh : Redaksi
Sabtu | 04-06-2016 | 13:34 WIB
Helpmet2-thumb-400x197-221043.jpg Honda-Batam

Helpmet, helm pintar buatan BMW. (Sumber foto: Campaign Brief Asia)

BATAMTODAY.COM - BMW menciptakan helm yang dapat memanggil petugas medis jika penggunanya terlibat dalam kecelakaan. Pelindung kepala bernama "Helpmet" ini otomatis mengirimkan sinyal jika sensor menerima benturan keras.

Dilansir dapurpacu.com, Helpmet dikatakan menggunakan sensor-sensor khusus di bagian batok (shell). Sensor tersebut hanya akan melakukan panggilan medis jika menghantam dan menerima g-force hingga 95 yang membuat pemakai hilang kesadaran, atau helm terlepas.

Sensor tidak akan bekerja jika helm sengaja diketuk menggunakan tangan, atau hanya jatuh pelan dan terbaret. Sebaliknya, petugas medis akan mencari titik koordinat keberadaan helm meskipun pemakai tidak sadarkan diri karena kecelakaan.

Helpmet pada dasarnya menggabungkan antara teknologi ponsel dan GPS, sehingga helm harus terkoneksi dengan jaringan telepon. Pemakai juga harus terdaftar di situs resmi untuk data pribadi guna memudahkan pertolongan tim medis.

Saat ini Helpmet masih dalam proses finalisasi dan belum dijual untuk umum. BMW juga tidak merinci lebih jauh mengenai kemungkinan masuk produksi. Namun jika benar nanti dijual, helm pintar ini mungkin bisa menyelamatkan banyak nyawa.

Sumber: dapurpacu.com
Editor: Dodo