Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kemenlu Singapura Bingung Soal Klaim Pulau Manis
Oleh : Gokli Nainggolan
Kamis | 02-06-2016 | 16:35 WIB
petapulaumanis2.png Honda-Batam

Peta Singapura yang menunjuk ke Pulau Manis di Belakang Padang Batam. (Foto: Today.com)

BATAMTODAY.COM, Batam - Kementerian Luar Negeri Singapura mengaku bingung dengan hebohnya pemberitaan di media massa di Indonesia dan di Singapura, mengenai klaim Pulau Manis sebagai bagian dari negera Singapura. 

 

Maka, menanggapi pemberitaan tersebut. Kementerian Luar Negeri Singapura mengirim pernyataan yang diterima BATAMTODAY.COM, Rabu (1/6/2016).

"Kami sangat bingung dengan berita-berita tersebut. Singapura tidak pernah menyangsikan kedaulatan Indonesia atas Pulau Manis dan Singapura tidak mengklaim pulau tersebut," demikian bunyi pernyataan sikap tersebut.

Pulau Manis terdapat di Funtasy Island, pulau wisata berkonsep ecopark yang diklaim terluas di dunia. Dalam peta yang dirilis Funtasy Island, peta negara Singapura berwarna biru tosca, sama dengan Pulau Manis yang tak jauh dari Kecamatan Belakang Padang, Batam. Padahal Pulau Manis masih termasuk wilayah Batam dan wilayah administratif Kecamatan Belakang Padang.

Sementara itu, Direktur pengembang Funtasy Island, Michael Yong, kepada media terbitan Singapura, The Straits Times, Kamis (2/6/2016) mengatakan, telah terjadi “kesalahpahaman”. Pihaknya tidak pernah mengklaim bahwa resort wisata yang mereka kembangkan di Pulau Manis merupakan milik Singapura.

Editor: Dardani