Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pejabat Bintan yang Tak Bisa Kerja Silakan Hengkang!
Oleh : Harjo
Kamis | 02-06-2016 | 12:50 WIB
saidi-bintan.jpg Honda-Batam

H. Saidi, tokoh masyarakat Serikuala Lobam, Bintan. (Foto: Harjo)

BATAMTODAY.COM, Batam - Pejabat di Kabupaten Bintan yang tak bisa kerja dengan baik dipersilakan untuk hengkang. Hal ini disampaikan Haji Saidi, tokoh masyarakat Serikuala Lobam, menyikapi pelabuhan bongkar muat di Bintan Utara yang tak kunjung terwujud.

Menurutnya, pelabuhan bongkar muat harus segera dibangun di Serikuala Lobam atau Bintan Utara. Hal tersebut, selain memang menjadi harapan masyarakat sejak puluhan tahun lalu, juga untuk meningkatkan ekonomi masyarakat yang ada di sekitarnya.

"Kita sangat mengharapkan agar pembangunan pelabuhan bongkar muat segera dibangun di Serikuala Lobam atau Bintan Utara. Sebelumnya wacana akan dibangun di Desa Teluksasah, tetapi pasca kunjungan Nurdin Basirun Gubernur Kepri, yang tidak genap 10 menit, dinilai lokasi tersebut tidak layak. Makanya saat ini, menjadi tugas dan tanggung jawab Pemkab Bintan, untuk merealisasikan harapan masyarakat tersebut," tegas Saidi dalam acara tanya jawab dengan Bupati dan Wakil bupati Bintan di Pasarbaru, Tanjunguban, Kamis (2/6/2016).

Saidi yang merupakan salah satu pejuang pembentukan Provinsi Kepri tersebut, mengharapkan lokasi pembangunan pelabuhan bongkar muat di Serikuala Lobam jangan dianulir. Jika memang dianggap tak layak, maka harus dilakukan kajian ulang dan jangan sampai dibatalkan.

"Kita berharap mulai dari tingkat bawah, termasuk camat hingga kepala daerah memperjuangkannya. Termasuk masalah lain, seperti permasalahan lain seperti surat tanah dan lainnya, kepala daerah dan perangkatnya harus memiliki ketegasan. Kalau memang tidak bisa bekerja dan tidak memiliki ketegasan, sebaiknya hengkang atau mundur," tambahnya.

Sementara, Apri Sujadi selaku Bupati Bintan menangapi permasalahan tersebut, menyampaikan rencana pembangunan pelabuhan bongkar muat tersebut prosesnya sudah berjalan, termasuk kajian, dimana lokasi yang memenuhi syarat atau layak karena keberadaan pelabuhan itu, nantinya diharapkan untuk memberikan dampak ekonomi yang lebih baik kepada masyarakat serta menciptakan peluang kerja bagi warga setempat.

"Terkait rencana pembangunan pelabuhan bongkar muat tersebut, sudah mendapatkan sambutan baik dari kementerian pusat sehingga kita harus menyiapkan lahannya," terangnya.

Editor: Dodo