Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Menko Maritim dan Menpar Luncurlan Festival Bahari Kepri dalam Event Sail Karimata
Oleh : Charles Sitompul
Rabu | 01-06-2016 | 08:00 WIB
sailkarimata1.jpg Honda-Batam

Logo Sail Karimata 2016. (Foto: Ist)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Menko Maritim dan Sumber Daya, Rizal Ramli serta Menteri Pariwisata Arief Yahya akan meluncurkan Festival Bahari Kepri dan Sail Selat Karimata. Peluncuran dilaksanakan di Auditorium Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), Gedung II, Jl. MH Thamrin, Jakarta, Rabu (1/6/2016).

 

Peluncuran Sail Selat Karimata ini sekaligus meluncurkan Festival Bahari Kepri yang merupakan rangkaian Sail Selat Karimata.

Kabag Humas Pemprov Kepri, Zulkifli, mengatakan, puncak Sail Karimata 2016 ini akan dipusatkan di Sukadana, Kalbar. Kepri sendiri, dalam rangkaian even ini menyelenggarakan Festival Bahari Kepri (FBK).

Beragam iven digelar dalam FBK nantinya. Di antaranya Dragon Boat Race, Festival Sungai Carang, Kepri Carnival, Panggung Seniman dan lainnya.

Dalam peluncuran Sail Karimata, juga dilaksanakan pameran potensi wisata empat provinsi. Kepri sendiri, menurut Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kepri, Guntur Sakti akan menampilkan tayangan seluruh konten festival bahari kepri.

"Ada juga dipamerkan makanan khas daerah berbasis laut serta berbagai berbagai materi promosi pariwisata Kepri," kata Guntur.

Menurut Guntur, ada tujuan jangka panjang yang ingin dicapai Kepri terkait Sail Karimata ini, yaitu ingin menjadikan Kepri Pintu Gerbang Wisata Bahari Indonesia.

Sebelumnya, dalam Rapat Koordinasi Tingkat Kementrian/Pimpinan Lembaga dan Kepala Daerah tentang Sail Karimata 2016, Kamis (26/5), Menko Rizal memberi apresiasi terhadap FBK yang direncanakan Kepri.

Dalam kesempatan itu, Rizal menegaskan agar event ini dapat memberikan dampak pembangunan yang bisa dirasakan masyaratat. Iven ini, kata Rizal, bukan hanya fokus pada pelaksanaan tetapi juga manfaat yang akan didapat.

Editor: Dardani