Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pemuda Perbatasan Diajarkan Membuat Kompor Hemat Energi
Oleh : Charles Sitompul
Selasa | 31-05-2016 | 10:26 WIB
Pemuda-ok.jpg Honda-Batam

Asisten Adm Pemerintahan, Muhammad Hendri dalam acara Temu Pemuda Perbatasan di Hotel Hermes Agro Resort Km. 25 Kecamatan Toapaya (Foto: Charles Sitompul)

BATAMTODAY.COM, Batam - Pemuda memiliki peran penting dalam pembangunan, pemuda juga selalu ada dalam garda terdepan dalam setiap gerakan perjuangan bangsa. Untuk itu Bagian Perbatasan Setda Kab. Bintan menyelenggarakan kegiatan “Temu Pemuda Perbatasan” yang dilaksanakan di Hotel Hermes Agro Resort Km. 25 Kecamatan Toapaya, Senin (30/5/2016)

Acara yang diikuti sebanyak 50 orang dan semua peserta merupakan perwakilan pemuda dari 5 Kecamatan perbatasan yang ada di Kabupaten Bintan itu diantaranya Kecamatan Bintan Utara, Bintan Pesisir, Teluk Sebong, Gunung Kijang dan Kecamatan Tambelan.

Nara sumber kegiatan Temu Pemuda Perbatasan merupakan Ketua Dewan Pembina Yayasan Pilar Peradaban, Ir. Ujang Kuswara yang telah mengembangkan listrik limar dan kompor hemat energi.

Ketua Pelaksana, Suwarsono, menyampaikan bahwa tujuan kegiatan ini dilaksanakan tidak lain untuk memberikan pelatihan kepada para pemuda perbatasan agar mempunyai keterampilan dalam membuat kompor hemat energi dan dapat dikembangkan di wilayah masing-masing peserta, pemuda dapat mengantisipasi keterbatasan Migas dan dapat mendorong pemuda menjadi mandiri, inovatif serta aktif membangun daerah perbatasan.

Suwarsono juga mengatakan, wilayah perbatasan sering terjadi keterbatasan kesediaan bahan bakar Migas, oleh karena itu perlu adanya sumber energi alternatif untuk mengatasi permasalahan tersebut, diharapkan energi alternatif ini dapat membantu meringankan masyarakat perbatasan dalam pemenuhan kebutuhan
pengganti Migas.

Expand