Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Lagi, Kampanye Capres AS, Trump Diwarnai Bentrok
Oleh : Redaksi
Sabtu | 28-05-2016 | 15:50 WIB
trumpprotestrallybyafp.jpg Honda-Batam

Polisi melakukan 35 penangkapan pada bentrokan antara pendukung dan penentang Donald Trump di San Diego. (Foto: Afp)

BATAMTODAY.COM, San Diego - Bentrokan antara pendukung dan penentang calon presiden dari Partai Republik Donald Trump di California, kembali terjadi, Sabtu (28/5/2016). Polisi menyatakan kerumunan di luar pusat konvensi San Diego itu tidak sah dan melakukan 35 penangkapan.

 

Trump berada di kota dekat perbatasan Meksiko itu untuk melakukan sebuah rapat akbar rasa menjelang pemilihan pendahuluan California, 7 Juni mendatang. Dia telah bertekad untuk membangun dinding pemisah sepanjang perbatasan untuk mencegah imigran ilegal.

Bentrokan meletus saat pusat konvensi dikosongkan menyusul rapat akbar Trump, lalu pendukung dan penentang yang bertemu di jalanan saling mencemooh dan mengejek satu sama lain.

Sejumlah pengunjuk rasa menaiki tembok pusat konvensi untuk melempari polisi dengan botol-botol air. Sepertiga penduduk San Diego adalah kaum Latino dan ratusan ribu orang melintasi perbatasan Meksiko secara setiap setiap harinya.

Trump memuji polisi melalui twitter setelah acara: "Langkah yang fantastis dalam menangani preman yang mencoba mengganggu acara kami yang sangat damai itu."

Trump akan menang tanpa lawan di California setelah rival dari Partai Republik menarik diri dan dia telah mencapai jumlah delegasi yang dibutuhkan untuk mengamankan nominasi, yang akan diformalkan dalam Konvensi Partai Republik mendatang.

Expand