Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Berkat Kerja Keras, Muhammad Alexander Dikontrak Lima Tahun Jadi Chef di Australia
Oleh : Redaksi
Senin | 23-05-2016 | 10:50 WIB
Alex-1.jpg Honda-Batam

Muhammad Alexander ketika bekerja di sebuah resor di New South Wales. (Foto: Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Australia - Tiba di Australia menggunakan Working Holiday Visa (WHV) yang berlaku setahun, pemuda asal Indonesia Muhammad Alexander sekarang sedang mempersiapkan dokumen karena restoran tempatnya bekerja di Melbourne mau mensponsorinya selama lima tahun.

Pengalaman Muhammad Alexander menunjukkan bahwa Australia saat ini membutuhkan banyak tenaga kerja di bidang tataboga. Sebuah laporan dari lembaga Deloitte mengatakan saat ini tersedia sekitar 38 ribu lapangan kerja untuk koki dan juru masak.

Inilah penjelasan Muhammad Alexander kepada wartawan ABC Australia Plus Indonesia L. Sastra Wijaya lewat email hari Jumat (20/5/2016).

Dimana anda kerja sekarang ?

Saya bekerja di Restoran Groove Train Knoxfield (sekitar 25 km dari pusat kota Melbourne). Saya sebelumnya pindah dari New South Wales dan tinggal di Wantirna South dan mencari kerja langsung dengan menyebar CV saya ke seluruh restoran dan cafe yang berada di Knoxfield Shopping Center. Saat ini saya sedang berada di Indonesia untuk mempersiapkan dokumen yang dibutuhkan Imigrasi Australia perihal sponsorship yang Insya Allah akan dikeluarkan dari restoran tempat saya bekerja dan akan dikontrak selama 5 tahun.

Apa latar belakang pendidikan anda?

Saya adalah lulusan S1 Jurusan Administrasi Bisnis dari Phoenix University di Malaysia 2010 dan kemudian saya saya melanjutkan pendidikan di Auckland (Selandia Baru) sebagai Chef dan lulus di tahun 2014.

Sebelum di Knox apakah anda sekolah di Australia atau pernah kerja di tempat lain?

Pengalaman bekerja saya sebelum di Knox dan selama di Australia pernah empat bulan bekerja sebagai pembersih sebuah motel di Tweed Heads (NSW)  lalu sempat bekerja di Terminus Hotel Abbotsford (Melbbourne) selama 4 bulan.

Juga pernah bekerja di Restoran Nine on Prahran (Melbourne) selama 2 bulan. Ketika di Selandia Baru, saya juga pernah bekerja di Auckland, sambil menempuh pendidikan, di mana saja bekerja tukang cuci piring (kitchen hand) di Ortolana dan The Store Britomart selama 10 bulan.

Expand