Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Hadapi Permasalahan Bangsa

Sejumlah Tokoh Nasional Deklarasikan Pergerakan Indonesia Maju
Oleh : Irawan
Minggu | 22-05-2016 | 08:45 WIB
PIM.jpg Honda-Batam

Pergerakan Indonesia Maju bertujuan untuk kemanusiaan, kemajemukan dan kebersamaan dalam menghadapi permasalahan bangsa

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Sejumlah tokoh nasional, masing-masing Din Syamsuddin, Ali Masykur Musa, Siti Zuhro dan 42 aktivis lainnya, mendeklarasikan Pergerakan Indonesia Maju (PIM). PIM sendiri didirikan di Jakarta pada 4 April 2016. Tujuan dari PIM adalah untuk kemanusiaan, kemajemukan dan kebersamaan dalam menghadapi permasalahan bangsa.

Ketua Dewan Nasional PIM Din Syamsuddin kemudian membacakan pidato kebangsaan bertajuk Indonesia Maju. "Dalam konteks globalisasi yang meniscayakan kualitas, persaingan, dan daya saing, menjadikan Indonesia sebagai negara maju mengandung pesan agar bangsa Indonesia siap bersaing dan bertanding dalam berbagai aspek peradaban," tutur Din di JCC, Senayan, Jakarta, Sabtu (21/5/2016).

Din lalu membacakan apa yang disebutnya wasiat kepada bangsa Indonesia. Pertama, adalah berpegang teguh kepada perjanjian para pendiri bangsa. "Kedua, mempertahankan dan memelihara kemajemukan bangsa dengan mengemban budaya siap hidup berdampingan secara rukun," kata Din.

Selanjutnya mengembangkan budaya mengedepankan kepentingan bangsa di atas kepentingan kelompok. Lalu keempat, adalah untuk senantiasa memperbaiki diri dan mengembangkan nilai-nilai kemuliaan. "Kelima, bersiap menjadi saksi-saksi aktif kebangkitan dan kemajuan bangsa dengan menampilkan orientasi hidup mandiri, berdaya saing, berkemajuan, dan berkeunggulan," ungkap Din.

Din mengatakan pembentukan PIM ini dirancang untuk memperjuangkan cita-cita bangsa sebagai negara Indonesia yang maju dan bermartabat yang berlatar belakang dari lintas etnis dan profesi. Ditegaskan Din, tidak ada niat untuk menjadikan perkumpulan ini sebagai partai politik.

"Pergerakan Indonesia Maju ini tidak diniatkan dan tidak dirancang menjadi parpol. Pergerakan Indonesia Maju ini adalah pergerakan anak-anak bangsa lintas suku dan profesi untuk terlbat di aksi kemanusiaan dan program kemasyarakatan," katanya.

 

Expand